SMK Bhakti Wiyata Terapkan PAS Berbasis Android

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – SMK Bhakti Wiyata, Pampangan, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) selangkah lebih maju dalam memanfaatkan teknologi Informatika, dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) atau lebih dikenal dengan ujian semester, sekolah kejuruan itu menggunakan gandget (android) sebagai sarana ujian.

Kepala Sekolah (Kepsek) Yakud Hariyanto, M.Pd., menyebutkan penerapan ujian semester online berbasis android itu, menjadi salah satu trobosan dan inovasi terkini SMK Bhakti Wiyata, dalam mengimbangi pemanfaatan kemajuan teknologi seperti gadget yang sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup.

Bacaan Lainnya



“Alhamdulilah SMK Bhakti Wiyata sudah mampu mengembangkan penerapan ujian sistem online berbasis android tersebut, tentu hal ini menjadi satu kebanggan sebab baru diterapkan di sekolah ini,” kata Yakud.

Dalam penerapannya sendiri,  setiap siswa diberikan akun masing-masing dan terhubung dengan server sekolah. Agar tidak terjadi contekan karena bentuk soal ujian sama, diterapkan sistem acak, jadi antara satu siswa dengan lainnya beda kelas. “Ada siswa kelas XII duduk dengan siswa kelas X, jadi walau ada kemungkinan komunikasi. Namun beda soal ujian jadi tidak bisa saling meniru,” ujarnya.

Yakud mengakui dengan penerapan tersebut, lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan penerepan seperti ujian manual, pertama terkait soal dan jawaban yang tidak lagi mengunakan sarana kertas, keuntungan lainnya semua kegiatan lebih simpel. “Setelah pengisian soal nilai dapat langsung dilihat dengan hanya menekan tombol enter karena diolah secara otomatis oleh server,” paparnya.

Sementara dikatakan Kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKG) Arisa Dwi Cahyo, S.Kom., mengatakan penerapan PAS berbasis android itu merupakan tahap awal dan selanjutnya akan tingkatkan lagi. Sehingga gadget yang selama ini sudah dimiliki hampir setiap siswa dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Mustofa, salah satu siswa mengatakan, ujian menggunakan andorid tersebut membuat pengisian soal lebih cepat dan cermat. “Kami bisa mengerjakan ujian lebih rileks dengan handpone karena lebih pleksibel,” katanya polos. (ius/mlo)



Pos terkait