SMKN 1 Batu Ketulis, Membentuk Karakter Penerus Bangsa Unggulan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – SMK Negeri 1 Batu Ketulis hingga saat ini terus berorientasi melakukan penertiban kedisiplinan dalam tata kelola pendidikan. Diantaranya dengan menjadikan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin sebagai rutinitas Sekolah Kejuruan Nomor Satu di Kecamatan Batu Ketulis tersebut, karena selain pelaksanaan kegiatan upacara bendera ini di wajibkan juga sebagai Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) seperti yang tercantum dalam Permendikbud RI No.23/2015.

Waka kurikulum Susi Rianti mendampingi Kepala SMKN 1 Batu Ketulis Oki Syaepul Miswa, S. Pd., M.T., menuturkan bahwa kegiatan upacara hari senin memang sudah seharusnya di terapkan pada setiap instansi apalagi di satuan pendidikan, pada kesempatan tersebut dewan guru dan peserta didik bisa saling lebih mengenal karakter masing-masing.

Bacaan Lainnya



Selain itu, kegiatan rutin upacara bendera juga sebagai wadah melatih karakter peserta didik pada berbagai aspek, diantaranya kedisiplinan dan kepemimpinan dalam mememimpin kelompoknya masing-masing serta menumbuhkan rasa kerjasama antarsiswa, dengan bergantian menjadi petugas upacara pengibaran bendera. Kegiatan ini juga menjadi salah satu kesempatan bagi kepala sekolah untuk berbicara langsung pada seluruh siswa.

Terusnya, upacara bendera merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para siswa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Seperti saat mengheningkan cipta, siswa diajarkan untuk mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Susi menambahkan, pembacaan teks pancasila juga ditujukan agar siswa kembali mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sekaligus mengingatkan kembali kepada para siswa tentang dasar negara Republik Indonesia.

Nilai yang ada dalam kegiatan upacara bendera setiap hari Senin tersebut seringkali dilupakan. Padahal upacara menjadi salah satu sarana dalam pembentukan karakter siswa untuk menjadi penerus bangsa yang unggulan.

“Upacara rutin kali ini terasa istimewa karena bertepatan juga dengan jatuhnya hari sumpah pemuda yang ke-91 tahun 2019. Pada kesempatan tersebut upacara rutin sekaligus peringatan hari sumpah pemuda tersebut di pimpin langsung oleh anak-anak didik kelas X TKR dan sebagai inspekturnya ialah siswa bernama Adriansyah,” papar Susi

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Batu Ketulis Oki Syaepul Miswa, S,Pd, M.T., menyampaikan, agar para dewan guru pendidik dan anak didiknya selalu meningkatkan karakter pendidikan dan melahirkan ide-ide profesional demi memajukan bangsa dan Negara.

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikannya, SMKN 1 Batu Ketulis mengusung empat pilihan kejuruan, antara lain jurusan Teknik Kendaraan Ringan, jurusan Pemasaran, jurusan Design Permodelan Dan Informasi Bangunan serta jurusan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian.(jen/mlo)



Pos terkait