SMPN 1 Krui Akan Terapkan Sekolah Ramah Anak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – SMPN 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berencana mendeklarasikan dan menerapkan program sekolah ramah anak di lingkungan sekolah setempat. Program itu merupakan yang kali pertama dilaksanakan oleh sekolah setempat.

Kepala SMPN 1 Krui, Wina Astuti, M.Pd., mengatakan bahwa untuk rencana penerapan sekolah ramah anak itu, SMPN 1 Krui hingga kini masih terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya yakni dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek) implementasi sekolah ramah anak, konvensi hak anak dan disiplin positif.

Bacaan Lainnya

“Bimtek yang telah dilaksanakan itu sebagai upaya pemenuhan mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMPN 1 Krui,” katanya, Selasa (10/11).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan bimtek terhadap tenaga pendidik, pendidik, perwakilan orangtua siswa, komite sekolah, perwakilan siswa, pemilik kantin sekolah dan pihak terkait lainnya itu menghadirkan narasumber dari Fasilitator Nasional, tujuannya agar semua peserta benar-benar memahami semua materi yang telah diberikan oleh narasumber.

Sehingga semua persiapan untuk penerapan program sekolah ramah anak di SMPN 1 Krui ini bisa lebih maksimal. Terlebih, nantinya di SMPN 1 Krui ini juga didukung dengan adanya fasilitas sekolah yang memadai salah satunya pembangunan gedung sekolah baru oleh Pemkab setempat maupun fasilitas lainnya. 

“Secara perlahan mudah-mudahan kedepan program sekolah ramah anak yang akan digulirkan ini bisa menjadi program unggulan sekolah,” jelasnya.

Masih kata Wina, penerapan program sekolah ramah anak di SMPN 1 Krui juga sekaligus untuk mendukung program Kabupaten Pesbar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Untuk itu, semua persiapan yang ada untuk penerapan sekolah ramah anak itu mudah-mudahan tidak terkendala, sehingga dalam waktu dekat ini SMPN 1 Krui bisa mendeklarasikan sekolah ramah anak tersebut.

“Karena itu pembekalan sekolah ramah anak yang telah dilakukan terutama terhadap guru di SMPN 1 Krui ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0,” katanya.

Sehingga, dengan penerapan program sekolah ramah anak di SMPN 1 Krui ini juga nantinya bisa melahirkan generasi-generasi yang handal. Pihaknya juga berharap dengan adanya program sekolah ramah anak itu nantinya bisa memberikan pelayanan ke peserta didik dan orang tua dalam penyelesaian mekanisme yang ada dapat dilakukan secara tepat.

Sekolah ramah anak saat ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi hak anak yang didapatkan di lingkungan sekolah. Hak anak tersebut antara lain, mendapatkan kasih sayang di lingkungan sekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik.

“Untuk itu kedepan kita juga akan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, sehingga diharapkan program itu nantinya berjalan dengan sukses,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait