Soal Jalan ke Way Haru, Pemkab Pesbar Tunggu Izin Dari TNBBS

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus mengupayakan agar ruas jalan Way Heni menuju empat pekon terpencil yakni Pekon Bandar Dalam, Siring Gading, Way Tiyas, dan Way Haru di Kecamatan Bangkunat yang melalui kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu dapat dibangun.

Kabid Bina Marga, Andrian Sani, S.T, M.T., mendampingi kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pesbar, Ir. Jalaludin, M.P., mengatakan hingga kini Pemkab Pesbar masih tetap mengupayakan agar ruas jalan menuju empat Pekon di wilayah terpencil di Bangkunat itu agar dapat di bangun.

Bacaan Lainnya

“Tapi memang selama ini masih terkendala karena terkait izin dari pihak TNBBS,” katanya, Rabu (24/6).

Bahkan, kata dia, hari ini Plt.Camat Bangkunat bersama Peratin di Bangkunat berkoordinasi ke kantor BB-TNBBS di Tanggamus, mengenai ruas jalan Way Heni menuju Pekon Way Haru yang melintasi kawasan TNBBS itu. Sekaligus mengajukan izin untuk memasukan alat berat ke lokasi untuk melakukan perataan badan jalan di wilayah itu.

“Pemkab melalui Dinas PUPR rencananya memang akan melakukan perapihan badan jalan menuju Way Haru yang melintasi kawasan TNBBS itu, tapi terlebih dahulu harus mendapat izin dari TNBBS,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, Pemkab Pesbar berharap agar pihak TNBBS memberikan izin untuk memasukan alat berat ke lokasi untuk rencana perapihan badan jalan itu, dan izin untuk pembangunan ruas jalan menuju Pekon Way Haru. Jika pihak TNBBS telah memberikan izin, maka, Dinas PUPR akan langsung melakukan perapihan badan jalan menuju Way Haru. Sehingga kedepan dapat dibangun, karena itu merupakan akses utama masyarakat untuk kebutuhan transportasi sehari-hari.

“Jika sudah ada izin dari TNBBS, Pemkab Pesbar akan memprioritaskan pembangunan di tahun 2022 mendatang. Karena itu, hingga kini kita masih menunggu izin dari TNBBS,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait