Soal Oksigen, Lamteng Bentuk Satgas dan RS Kerjasama dengan Vendor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Oksigen menjadi salah satu kebutuhan penting untuk penanganan pasien Covid-19. Dalam mengantisipasi kelangkaan dan kebutuhan oksigen, Lamteng membentuk Satgas Oksigen dan rumah sakit bekerja sama dengan vendor oksigen.

Bupati Lamteng Musa Ahmad mengapresiasi semua pihak dalam penanggulangan Covid-19. “RS harus mendata berapa kebutuhan yang diperlukan penggunaan oksigen. Berikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Kadis Kesehatan harus berkoordinasi dengan baik menyangkut ketersediaan oksigen. Direktur RS harus melakukan MoU dengan vendor agar tidak ada kelangkaan oksigen,” katanya dalam rapat terbatas di BJW Room, Nuwo Balak.

Bacaan Lainnya

Musa melanjutkan, Forkopimda akan berkoordinasi dan membentuk satgas terkait permasalahan ketersedian oksigen. “Setiap pendistribusian oksigen harus diketahui satgas yang sudah dibentuk serta akan berkoordinasi dengan provinsi terkait adanya bantuan oksigen dari Pusri dan Krakatau Steel,” ujarnya.

Dandim 0411/LT Letkol Inf. Andri Hadiyanto menambahkan, perlu sistem yang baik untuk mengatasi ketersediaan oksigen di Lamteng. “Kemudian SOP Satgas harus jelas agar tidak terjadi miskomunikasi. Ini agar saat pelaksanaan dapat berjalan dengan baik. Satgas harus ada payung hukum sehingga tidak ragu-ragu dalam melangkah,” ujarnya.

Kapolres Lamteng AKBP Wawan Setiawan menyampaikan pendapatnya bahwa terkait ketersedian oksigen vendor dan pihak rumah sakit harus diperjelas lagi MoU terkait pendistribusiannya. 

“Pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda Lamteng terkait ketersedian stok oksigen bagi RS dan akan dibentuk Satgas. Kita juga berharap kepada vendor agar tidak melakukan penimbunan oksigen dan dapat berkoordinasi yang baik terkait ketersedian oksigen. Ini demi menyelesaikan masalah pandemi Covid-19. Polres Lamteng siap melakukan pengamanan terkait pendistribusian oksigen ke RS yang ada di Lamteng,” ungkapnya.

Rapat diikuti Sekkab Lamteng Nirlan, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Lamteng Firdaus Rokain, Inspektur Lamteng Kesuma Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan Lamteng dr. Otniel Sriwidiatmoko, para kepala OPD Lamteng, perwakilan RS di Lamteng, serta perwakilan tiga vendor penyedia oksigen dari PT Asiana Gasindo Lampung, PT Benua Cipta Niaga, Koperasi Dwi Karya. (rls/sya/mlo)


Pos terkait