Soal Penanganan Ruas Jalan Batubrak-Suoh, Pemkab Lambar Diminta Siapkan Dana Pendamping

  • Whatsapp
Ruas jalan Batubrak-Suoh kini sulit untuk dilintasi oleh kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) di beberapa titik lantaran tidak kunjung dibangun oleh Pemprov Lampung selaku pihak yang berwenang menangani ruas jalan tersebut.

Medialampung.co.id –  Pemerintah Provinsi Lampung akan melakukan penanganan ruas jalan Batubrak-Suoh Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2020 ini. Hanya saja, dalam rangka percepatan penanganan ruas jalan tersebut, Pemkab Lambar diminta untuk menyiapkan dana sharing, mengingat kondisi jalan yang masih belum tersentuh masih sepanjang delapan kilometer dari total sekitar 33 Kilometer.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Okmal, M.Si., mengungkapkan, rencana awal Pemprov mengalokasikan Rp7 miliar untuk penanganan ruas jalan tersebut tahun anggaran 2020 ini, hanya saja  pihaknya belum mengetahui perkembangan terakhir, apakah akan terealisasi sesuai rencana atau tidak.

Bacaan Lainnya



”Informasi terakhir yang kami terima, tahun ini penanganan akan dilakukan oleh Pemprov hanya saja, kita tidak tahu berapa anggarannya yang akan direalisasikan, dan kita sudah diminta untuk menyiapkan dana pendamping guna percepatan penanganan ruas jalan tersebut,” ungkapnya.

Terkait harapan pihak Pemprov tersebut, kata Okmal, Pemkab Lambar siap, hanya saja untuk besaran alokasi yang nantinya disiapkan untuk dana pendamping tersebut tentunya akan menyesuaikan dengan kemampuan daerah.

”Yang jelas kita sudah diminta menyiapkan dana sharing dari dana bagi hasil dengan provinsi, tapi nantinya akan kita lihat dulu untuk besarannya berapa akan menyesuaikan dengan kemampuan,” kata dia.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPUPR Lambar Robert Putra, S.T, MT., dikonfirmasi membenarkan jika rencana awal pemerintah provinsi untuk penanganan ruas jalan tersebut sebesar Rp7 Miliar, hanya saja pihaknya juga belum menerima informasi lebih lanjut apakah terdampak kebijakan refocusing atau tidak.

”Iya  rencananya memang dianggarkan Rp7 miliar, tapi apakah  kena refocusing atau tidak kami belum tahu informasi lebih lanjut, tetapi harapan kita berapapun anggaran yang disiapkan provinsi penanganan ruas jalan tersebut tetap dilakukan, mengingat kondisi di beberapa titik memang sudah cukup parah,” kata dia.

Sebelumnya, dua Aleg asal Daerah pemilihan (Dapil) V meliputi Suoh dan Bandarnegeri Suoh Sarwani, S.E., dan Sugeng Hari Kinaryo Adi,  mempertanyakan realisasi dari apa yang telah dijanjikan Pemprov Lampung  soal penanganan ruas jalan Batubrak-Suoh, yang kini sulit untuk dilintasi oleh kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) di beberapa titik lantaran tidak kunjung dibangun oleh Pemprov Lampung selaku pihak yang berwenang menangani ruas jalan tersebut. (nop/mlo)



Pos terkait