Soal Pencemaran, DLH Lampung Ajak Keikutsertaan Pengusaha atau Masyarakat Peduli Lingkungan

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Murni Rizal

Medialampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung terus mengupayakan untuk meningkatkan keamanan laut, terutama di bagian pantai pesisir yang rawan pencemaran lingkungan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Murni Rizal mengatakan, untuk mengupayakan pengamanan pencemaran lingkungan darat ataupun laut, pihaknya meminta kepada pihak ketiga agar bersama-sama untuk saling menjaga.

Bacaan Lainnya

“Pihak ketiga itu maksudnya pengusaha ataupun yang peduli terhadap lingkungan ikut serta untuk membantu melestarikan lingkungan yang baik. Kemudian kita lakukan pendekatan terhadap komunitas yang peduli terhadap lingkungan, seperti beberapa waktu lalu komunitas melaksanakan kebersihan, kemudian ada masyarakat di sekitar pantai juga,” katanya saat memberikan keterangan, Kamis (13/1).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi bersama tim dari mabes polri di tingkat nasional. Untuk mengantisipasi pencemaran laut ia mengaku bahwa telah membentuk tim terpadu monitoring dan evaluasi terhadap pencemaran laut.

Koordinasi tersebut dilakukan hingga kabupaten/kota untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pencemaran laut ataupun gunung.

“Itu merupakan kewenangan pusat. Kita hanya mengikuti kewenangan. Jadi di provinsi Lampung kita hanya memonitor melakukan pengawasan,” jelasnya.

Menurutnya, meskipun hanya mengikuti wewenang pusat, pihaknya juga tetap mengupayakan dan memonitoring keamanan laut.

“Jadi tetap kita lakukan pengupayaan pengamanan di wilayah kita. Kalau tidak kita lakukan nanti dipertanyakan oleh masyarakat apa yang telah kita upayakan,” Pungkasnya.(ded/mlo)

Pos terkait