Soal Putusan Hasil Pleno, Balon Walikota Ike Edwin Minta Bawaslu Adil

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung Ike Edwin-Zam Zanariah mengaku pembacaan hasil pleno rekapitulasi dukungan perbaikan di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung tidak sah.

Itu disampaikan Ike Edwin dalam pembacaan kesimpulan pada sidang musyawarah terbuka gugatan yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung, Kamis (11/9).

Bacaan Lainnya



Ike Edwin–akrab disapa Dang Ike, mengatakan ada delapan poin yang yang disampaikannya dalam sidang pembacaan kesimpulan, diantaranya verifikasi, pengusiran, intimidasi, keterlibatan banyak PNS, seperti lurah dan camat, yang memenuhi syarat dinyatakan tidak memenuhi syarat, serta perubahan jumlah dukungan saat pleno.

“Kami sudah sampaikan itu, dalil kami benar dan tidak ada yang menolak, sehingga majelis musyawarah mau tidak mau harus meloloskan. Dalam hal tersebut Bawaslu harus bertindak seadil-adilnya,” kata Dang Ike.

Sementara Kuasa Hukum termohon dalam hal ini KPU Kota Bandarlampung, Yormel mengatakan, pihaknya saat ini menyerahkan keputusan kepada Bawaslu.

“Kami sudah memberikan kesimpulan, pemohon juga demikian. Tinggal kita tunggu keputusan majelis. Soal kenapa tidak dibacakan? ya memang begitu aturannya. Boleh dibacakan boleh juga diberikan langsung ke majlis,” kata Yormel.

Di tempat yang sama Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung, Candrawansah mengatakan terkait penyampaian kesimpulan dari pihak pemohon dan termohon akan dibacakan hari Sabtu (12/9).

“Setelah penyampaian pemohon dan termohon, kami akan simpulkan baik fakta permohonan maupun saksi, kita akan tinjau kembali bukti yang diajukan. Untuk pleno kemungkinan dilaksanakan besok. Hasilnya kita bacakan keesokan harinya sekitar pukul 10.00 WIB di kantor Bawaslu,” imbuhnya. (ded/mlo)



Pos terkait