Solusi Ketahanan Pangan Hadapi Covid-19, Parosil Terbitkan Edaran Pangan Mandiri

  • Whatsapp
Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus.

Medialampung.co.id – Sebagai salah satu upaya dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang imbauan pelaksanaan program Pangan Mandiri (PM). 

SE dengan Nomor: 060/33/III.09/2020 yang ditujukan kepada kepala OPD, camat, peratin/lurah, organisasi wanita, BPP, Poktan, KWT, se-Lampung Barat, untuk mensosialisasikan program PM, dalam rangka menjamin kebutuhan masyarakat. 

Bacaan Lainnya



Dalam SE tersebut, Parosil juga menyampaikan maksud dari program PM tersebut, dimana masyarakat diminta untuk memanfaatkan lahan di lingkungan rumah, supaya ditanam berbagai komoditas tanaman yang cepat menghasilkan dengan konvensional, sementara bagi yang lahan pekarangan kecil, dapat menggunakan berbagai media.

“Dalam menyikapi dampak virus Covid-19, harus dengan pikiran positif dan kreatif, maka program PM ini, akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan kegiatan tersebut tidak terbatas dengan luas pekarangan yang kita miliki. Kalau pekarangan luas dapat melakukan secara konvensional, sementara yang sempit dapat menggunakan media, pot, polybag, atau barang bekas lainnya,” ungkap Parosil. 

Tanah di Lambar, kata dia, sangat subur dan itu harus dimanfaatkan, untuk menanam berbagai kebutuhan. Misalnya kebutuhan karbohidrat, dapat menanam jagung, talas, ubi/singkong. Kebutuhan vitamin dapat menanam berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan, seperti pisang dan pepaya dan lainnya. 

“Kemudian untuk memenuhi kebutuhan protein, masyarakat dapat beternak ayam dan ikan, dan sumber obat-obatan dengan menanam jahe, kunyit, temulawak, kencur dan lengkuas. Semua program tersebut tidak sulit untuk dilakukan, ” katanya. 

Menurutnya, semua perlu mempersiapkan ketahanan pangan, apalagi Lambar dianugerahi Allah SWT dengan lahan yang subur, dan semua kebutuhan sehari-hari tersebut masa panennya tidak terlalu lama, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Masyarakat secara kolektif dapat memanfaatkan lahan milik Pemkab Lampung Barat atau Pekon untuk melakukan program PM. Sehingga kebutuhan masyarakat di satu wilayah bisa dipenuhi secara bersama-sama. Dan kepala OPD diharapkan untuk menghimbau kepada semua ASN di lingkungan masing-masing untuk melaksanakan program PMPM, ” kata dia. 

Ia menambahkan, di hampir semua kecamatan ada lahan milik Pemkab Lampung Barat dan rata-rata pekon memiliki lahan, sehingga lahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kebun kolektif, dan untuk menyukseskan serta memberi contoh diharapkan seluruh kepada OPD untuk meminta seluruh ASN menjalankan program PM.  (nop/mlo)



Pos terkait