Songsong Pilkada, Bawaslu Waykanan Lakukan Webinar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menyongsong Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Waykanan, Bawaslu setempat melakukan Webinar (Web Seminar) Pilkada 2020 dengan Topic pembahasan “Webinar Menyongsong Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Waykanan” secara daring (dalam jaringan) menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Rabu (8/7).

Webinar sendiri awalnya akan menghadirkan Yesi Karnainsyah, SH. sebagai narasumber, akan tetapi karena Yesi Karnainsyah, S.Sos (Ketua Bawaslu Waykanan), berhalangan akhirnya digantikan oleh Triwana, SH (Divisi Penindakan) sebagai pemateri bersama sama dengan Nurhayati, S.Sos Anggota Bawaslu lainnya. Dan bertindak selaku moderator Enriko Alip Ramadhan peserta SKPP (sekolah kader pengawas partisipatif) yang juga mahasiswa Universitas Bandar Lampung dan Toni Kurniawan SKPP 2020 Kabupaten Waykanan (Mahasiswa UIN Suka Yogyakarta).

Bacaan Lainnya



Nurhayati, yang saat itu bertindak sebagai narasumber pertama memberikan materi terhadap peserta webinar yang berkaitan dengan Prinsip Pelaksanaan, mekanisme pemilihan serentak lanjutan, Protokol Kesehatan penyelenggaraan pemilihan dalam kondisi bencana Non Alam (Covid-19), Prosedur tambahan protokol kesehatan kegiatan tatap muka secara langsung, Kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang dalam jumlah tertentu, serta protokol Kesehatan kegiatan yang bersifat penyampaian berkas/ perlengkapan fisik, kegiatan rapat pleno terbuka.

Sementara Triwana SH, yang bertindak sebagai narasumber kedua memberikan materi yang berkaitan dengan pencegahan khusus divisi penindakan ia mengajak melakukan pengawasan dengan baik terutama kepada PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) yang menjadi garda terdepan pengawasan di setiap penyelenggaraan yang ada di kampung. yang bertujuan untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan pilkada 

“Jangan sampai dalam pilkada ini terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta lakukan hubungan dengan baik kepada setiap pihak, baik KPU dan pihak keamanan ataupun lainnya,” Tegas Triwana.

Lebih jauh, Triwana menjelaskan inti/tujuan yang ia sampaikan adalah untuk mengetahui potensi permasalahan diantaranya ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan jiwa Masyarakat, Degradasi kualitas penyelenggaraan tahapan, kendala anggaran pembiayaan pemilihan, partisipasi dan penyelenggaraan yang menurun.

Pada sesi tanya jawab, Oksi Ajuan Firnando, SH, menyoal tanggapan Bawaslu Waykanan terkait partisipasi media dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkada mendatang.

Ditegaskan oleh Triwana bahwa Bawaslu Kabupaten Waykanan memiliki PPID (Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi) yang terbuka dan siap sedia untuk media demi kepentingan publikasi.

“Saat ini juga Bawaslu Waykanan telah bekerjasama dan saling koordinasi dengan berbagai media, apalagi ini masalah politik, media tentu sangat dibutuhkan, Terkait informasi Bawaslu apapun aktivitasnya bisa dibuka di website Bawaslu,” ujarnya.(wk1/mlo)



Pos terkait