Sonia Juara I Duta Kopi Indonesia Tahun 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah melalui perasingan yang ketat, Sonia Syaiddah Maulia Noor, putri asal Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat terpilih sebagai juara I Duta Kopi Indonesia Tahun 2021. 

Atas capaian itu Sonia mengaku sangat gembira bisa mengharumkan Lampung, dan Lampung Barat khususnya. “Alhamdulillah ya Allah, terima kasih kepada Bapak Mukhlis Basri, Bapak Bupati Parosil Mabsus, rekan-rekan saya di Rumah Kreatif, dan tentu keluarga besar saya, atas dukungan, doa, bimbingan, sehingga hari ini saya mendapatkan anugerah yang sangat besar, dengan terpilih sebagai juara I Duta Kopi Nasional,” ungkap Sonia, Senin (15/11). 

Bacaan Lainnya

Dikatakan Sonia, sebelum terpilih sebagai Duta Kopi Nasional, dirinya dibantu langsung oleh crew Rumah Kreatif Lampung Barat, dari proses pendaftaran, sampai pada babak final, demikian juga ketua Dewan Kopi Lampung Mukhlis Basri dan bupati Parosil Mabsus. 

“Saya sangat bersyukur punya dukungan dari orang-orang besar seperti pak Mukhlis dan pak Parosil, yang selain merupakan tokoh dan pemimpin Lampung Barat, juga sebagai petani kopi, sehingga banyak ilmu yang saya dapatkan. Hal yang sama saya dapatkan dari rekan-rekan Rumah Kreatif, dari membuatkan video, foto dan kebutuhan dari awal sampai hari ini saat pengumuman,” kata dia. 

Dijelaskan Sonia Faried, karena terpilih sebagai juara I Duta Kopi Nasional, tugasnya adalah mempromosikan kopi-kopi dari seluruh provinsi kepada dunia global, untuk itu dirinya selalu berharap dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak. 

“Karena ini skala nasional, tentu bukan hanya kopi Lampung saja yang kami promosikan kepada dunia global, tetapi seluruh varian kopi dari berbagai provinsi, tentu untuk saya harus terus belajar tentang karakter kopi yang dihasilkan petani dari seluruh Indonesia,” jelas dia. 

Atas keberhasilan tersebut, Sonia Faried juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada, Yayasan Duta Indonesia Maju beserta Dewan Juri, Ketua TP PKK Partinia Parosil Mabsus, GenPi Lampung Barat, Visit Lambar, seluruh masyarakat, pengusaha, serta petani Lampung Barat dan Lampung, Keluarga besar Alumni Fikom Unpad, Tim Alibaba dan Glints. 

Sementara ketua Dewan Kopi Indonesia Lampung, Drs Hi Mukhlis Basri, menyampaikan selamat dan bangga atas keberhasilan dua peserta pemilihan Duta Kopi Nasional Tahun 202i, yakni Sonia Faried dari Lampung Barat yang terpilih sebagai juara I dan Aurel asal Bandar Lampung yang terpilih sebagai juara favorit. 

“Selamat kepada Ananda Sonia Faried dan Aurel, yang telah mengharumkan Provinsi Lampung dan tentunya Lampung Barat dan Bandarlampung, atas keberhasilan meraih yang terbaik pada ajang tingkat nasional,” kata Mukhlis Basri. 

Dengan keberhasilan putri-putri Lampung sebagai Duta Kopi Nasional, diharapkan akan membawa nilai positif terutama bagi petani kopi. Karena salah satu tugas penting sebagai Duta Kopi Nasional adalah melakukan promosi baik lokal, regional maupun internasional. 

“Mudah-mudahan ananda Sonia Faried dan Aurel dapat menjalankan tugas sebagai Duta Kopi Nasional dengan baik, karena satu tugas penting adalah mempromosikan kopi dari seluruh wilayah terutama kopi robusta Lampung,” tandas Mukhlis. 

Sekadar diketahui, pemilihan Duta Kopi Nasional tersebut, merupakan agenda tahunan untuk Tahun 2021 Lampung memiliki dua orang wakil dan Sonia Faried masuk babak final. (r1n/mlo)

Pos terkait