Sosialisasikan Ideologi Pancasila, Dadang Sumpena Sampaikan Titah Bung Karno

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PDI Perjuangan Hi. Dadang Sumpena, S.Sos, M.M., menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 1 Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, Jumat (19/3). 

Dalam acara itu hadir Camat Waytenong Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., Kapolsubsektor Waytenong Ipda Dimas Afditya R, S.E., M.M., Lurah Pajarbulan Erna Rinawati, S.E., Kepala SMKN 1 Waytenong Tukimin, M.Pd., serta para konstituen diantaranya siswa dan dewan guru. 

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Dadang yang merupakan anggota legislatif (aleg) provinsi dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat dan Tanggamus, menyebutkan sosialisasi itu juga sebagai ajang silaturahmi dengan konstituennya. Seperti halnya di Kabupaten Lampung Barat yang merupakan kampung halamannya. 

Ditegaskannya, dalam sosialisasi kali ini pihaknya sengaja menuju sekolahan, salah satunya menuju SMKN 1 Waytenong, tak lain untuk memberikan pemahaman kepada para tunas bangsa tentang Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Sebagaimana pesan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno, ‘Berikan Saya Sepuluh Pemuda Maka Akan Ku Kuasai Dunia’.

Artinya kata Mantan Ketua DPRD Kabupaten Dua Periode tersebut, masa depan NKRI ada di pundak pemuda. Sehingga dalam sosialisasi ini salah satu sasarannya sekolahan yang menjadi wadah tunas bangsa menimba ilmu.

Dadang menyampaikan mungkin saja diantara para siswa SMKN 1 Waytenong yang hadir dalam sosialisasi itu, nantinya ada yang menjadi camat atau polisi, TNI, bahkan sebagai wakil rakyat sebagaimana dirinya termasuk menjadi pejabat negara. Sebagaimana maklumat Bung Karno tentang Sepuluh pemuda diatas. 

Pihaknya juga menyebutkan ditengah pandemi Covid-19, yang memaksa pemerintah sempat memberlakukan sekolah secara online (Daring) jelas memberikan dampak yang sangat luar biasa khususnya dalam tatanan kehidupan baru. 

Oleh sebab itu ia mengajak dalam semua aktivitas termasuk dalam menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa dan dewan guru senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya mencegah penularan virus. 

Pada kesempatan itu pihaknya juga memberikan apresiasi terkait kemajuan pendidikan di Kabupaten Lambar khususnya di bidang pembangunan sarana prasarana yang kian memberikan kenyamanan anak-anak dan guru dalam proses KBM. 

Dadang menyerahkan buku Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada semua peserta yang hadir. Pihaknya berharap buku tersebut selalu dibaca dan dipahami isi dan maknanya. 

Ditempat yang sama Bambang Hermanto, menyampaikan terimakasih kepada Aleg Dadang yang hadir dari Gedung DPRD Lampung untuk menyapa masyarakat (konstituen) dengan membawa ilmu yang sangat berguna bagi masyarakat. 

“Selain silaturahmi dengan pak Dadang yang bukan sosok asing di masyarakat Lambar, beliau juga memberikan pemahaman kepada tunas bangsa Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, sebagai pondasi kecintaan kita kepada Tumpah Darah NKRI,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait