Sri Berharap Pekon Giham Mampu Ulangi Prestasi EPP 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan sudah dilaksanakannya penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) dan Lomba Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021. Oleh Pekon Giham Sukamaju, sebagai perwakilan Empat pekon dan satu kelurahan di Kecamatan Sekincau, Rabu (25/3).

Camat Sekincau, Kabupaten Lampung Barat Sri Handayani, S.H., yang merupakan camat baru di kecamatan itu memiliki harapan yang besar, Pekon Giham mampu mengikuti jejak Pekon Pampangan pada even serupa Tahun 2020, sebagai terbaik tingkat kabupaten.

Bacaan Lainnya


Disampaikannya dalam EPP tersebut. Tim kabupaten yang dimotori Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), selain memberikan penilaian terhadap indikator-indikator yang tertuang dalam EPP, juga memberikan pembinaan tentang inti dari lomba tersebut. Artinya manfaat yang akan didapat pekon khususnya di bidang perluasan pemahaman sangat besar.

Diantaranya pekon bisa berbenah, mengisi apa yang selama ini masih menjadi kekurangan. Melalui peningkatan kapasitas di semua bidang, baik itu di pemerintahan pekon, keamanan, budaya, kesejahteraan, dan banyak lainnya termasuk bidang administrasi.

“EPP ini sudah menjadi pola hidup, artinya bukan sebuah kegiatan seremonial tapi lebih kepada pembekalan pemahaman, jadi ini menjadi satu kesempatan pekon mendapat bekal pengetahuan,” jelasnya. 

Pada kesempatan itu Sri Handayani, tak ketinggalan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Pekon Giham, yang disebutnya memiliki kepedulian yang luar biasa dalam mendukung suksesnya kegiatan.

“Kalau tidak karena dampak pandemi Covid-19 kegiatan Penilaian EPP ini akan lebih meriah. Hanya saja dalam Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak Juknis) EPP dan BKB ini pesertanya dibatasi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes),” pungkasnya. 

Ditempat yang sama Peratin Giham Hermanto, menyampaikan, apa yang tersaji pada penilaian itu, itulah kondisi riil yang ada di pekon tersebut. Dan pihaknya berharap atas semua persiapan dan kesiapan yang sudah dilakukan memperoleh hasil yang terbaik juga untuk kemajuan Pekon Giham. 

Dalam sambutan Ketua Tim dari DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T., pelaksanaan EPP dan BKB, dapat dilaksanakan dengan petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan Tahun 2021 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, diantaranya dengan menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan acara seremonial penyambutan. 

EPP untuk melihat tahapan dan menetukan keberhasilan perkembangan pekon dalam kurun waktu Januari sampai dengan Desember, yang meliputi Tiga bidang, seperti pertama, Evaluasi bidang pemerintahan pekon meliputi aspek. Pemerintahan, Kinerja, Inisiatif dan Kreatifitas Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pekon Berbasis Teknologi Informasi atau E-Goverment, dan Pelestarian Adat dan Budaya.

Bidang kedua, Evaluasi Bidang Kewilayahan Pekon, meliputi aspek, Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan Siaga. Bencana. Serta Peraturan Investasi. Bidang ketiga, Evaluasi Bidang Kemasyarakatan Pekon yang meliputi aspek, Partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), Keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan terakhir peningkatan kapasitas masyarakat. 

Lebih jauh dijelaskannya EPP yang dilaksanakan tersebut merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan puncaknya tingkat nasional. 

“EPP ini adalah evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon, yang juga menjadi kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong bersama masyarakat,” jelasnya.

Pasangan tentang BKB Desmon juga menyampaikan, bertujuan agar orang tua mengasuh anak dengan pola asuh yang benar dan baik sesuai dengan tingkatan umurnya, sehingga tumbuh kembang anak secara optimal dimana merupakan generasi emas (the golden ages), dan merupakan generasi dimasa yang akan datang. 

Karena itu Demon mengimbau, agar seluruh pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program guna mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Yang Hebat dan Sejahtera. “Salah satunya keseriusan kita dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP dan BKB,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait