STKIP Tunas Palapa Lamteng Gelar Wisuda Perdana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP ) Tunas Palapa Lampung Tengah mewisuda perdana 390 orang.

Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana (S-1) Angkatan Pertama ini digelar di Ballroom BBC Hotel Bandarjaya, Senin (14/12).

Bacaan Lainnya


Ketua STKIP Tunas Palapa Stepanus Wasito, M.Pd. menegaskan bahwa sejarah baru bagi Lamteng hari ini telah mencatat  mampu menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi S-1 yakni STKP Tunas Palapa.

“Suksesi hari ini adalah terwujud dari sinergi  semua pihak. Ke depan, STKIP Tunas Palapa berharap akan terbangun dukungan dari Pemkab Lamteng demi peningkatan pendidikan STKIP yang akan dikembangkan menjadi universitas dengan penambahan program studi,” katanya.

Stepanus mengucapkan selamat kepada wisudawan/i empat program studi (prodi). “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/i dari empat prodi. Yakni Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Wisuda ini semoga menjadi persembahan terbaik kalian kepada orang tua. Prosesi wisuda perdana  gelombang pertama ini diikuti  115 orang dan sisanya 285 orang akan diwisuda gelombang kedua,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Yayasan STKIP Tunas Palapa Dr. Absor Marantika, M.M., M.Si. menambahkan, investasi pendidikan adalah doa dari orang tua. “Wisuda ini bukan puncak dari proses pendidikan yang ditempuh. Nikmatnya sekolah ada dari masa belajar. Kami akan berproses terus meningkatkan kualitas. Mulai tenaga pendidik hingga sarana pendidikan. Yakinlah, ini adalah investasi kepada anak-anak kita sebagai ilmu yang bermanfaat di dunia hingga di akhirat. Jika diamalkan untuk kebaikan akan ada manfaatnya,” katanya.

Hadirnya STKIP Tunas Palapa, kata Absor, memberi kontribusi merata dari akses pendidikan, efisiensi, dan motivasi untuk masyarakat Lamteng. “STKIP Tunas Palapa memberikan kontribusi merata untuk masyarakat Lamteng dibandingkan mengenyam pendidikan tingkat tinggi di Bandarlampung hingga luar daerah Lampung,” ujarnya.

Sementara Ir. Musawir Subing sebagai salah satu pelopor pendiri STKIP Tunas Palapa, mengaku menjadi salah satu orang yang berbahagia. “Saya adalah orang yang berbahagia dengan acara hari ini. Sebagai wujud syukur atas berhasilnya STKIP Tunas Palapa meluluskan 390 orang, tentunya akan sangat tepat jika ada realisasi dukungan Pemkab Lamteng. Misalnya, ada kebijakan untuk mendorong masyarakat Lamteng masuk ke STKIP Tunas Palapa, alokasi bantuan pengembangan kampus, serta beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi,” katanya.

Mantan Sekkab Lamteng ini melanjutkan, Lamteng tidak hanya harus fokus pada pengembangan sarana fisik. “Lamteng jangan hanya fokus pembangunan sarana fisik. SDM sebagai modal investasi jangka panjang dalam pengembangan pembangunan juga tidak kalah penting. Lahan di Terminal Betan Subing yang luas akan lebih bermanfaat untuk alokasi pendidikan daripada dibiarkan terbengkalai. Selain pendidikan negeri, potensi pendidikan swasta juga harus diperhatikan. Pendidikan yang berada di daerah sendiri sangat jelas kontribusinya dalam membangun kualitas SDM bagi daerah,” ungkapnya.

Diketahui STKIP Tunas Palapa berdiri 2015 dan terakreditasi B. Awal berdiri di Taman Wisata Putra Subing. Kemudian pindah di eks SMA Yos Sudarso, Kampung Indraputra Subing, Kecamatan Terbanggibesar. Sekarang ini menempati Kampus Merdeka eks SMA PGRI di Kampung Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar. STKIP Tunas Palapa dipelopori oleh tokoh di Lamteng, yakni

Ir. Musawir Subing, Hi. R. Mutawali, dan Prof. Zuhri. Dalam wisuda perdana ini, lulusan terbaik 1-3 secara berurutan diraih oleh Desi Wibowo dengan IPK 3.93; Elisa Anggraini IPK 3.92; dan Ifah Hermawati IPK 3.90. (rnn/sya/mlo)




Pos terkait