Stok Alat Kontrasepsi di Lambar Aman

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Stok alat kontrasepsi (Alkon) di  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lambar cukup. 

“Stok alat kontrasepsi aman dan cukup sehingga bagi masyarakat yang membutuhkan dapat melapor ke petugas lapangan keluarga berencana,” ungkap Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E., mendampingi Kepala DP2KBP3A Lambar M Henry Faisal, S.H, M.H., Rabu (2/6).

Ia menjelaskan, stok  Alkon per 2 Juni  2021 di gudang DP2KBP3A yaitu untuk pil KB sebanyak 20.700 cicle, kondom 72, IUD cover T 355, suntik sebanyak 31.660 dan implant 2.202.

“Kalau stoknya kurang maka kita akan  mengajukan penambahan ke Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi,” kata dia.

Lanjut dia,  untuk pelayanan KB ini gratis jadi bagi masyarakat yang ingin ber KB bisa datang ke fasilitas kesehatan. 

“Ini semua untuk mengendalikan angka pertumbuhan penduduk. Melalui program KB diharapkan dapat memberikan solusi bagi keluarga sehingga diberi kebebasan mengatur dan membatasi jumlah anggota keluarga sesuai yang diinginkan,” kata dia.

Masih kata dia, khusus untuk alat kontrasepsi kondom ini peminatnya cukup tinggi apalagi sejak adanya wabah Coronavirus Disease (Covid-19) masyarakat enggan untuk  pergi ke bidan dan Puskesmas sehingga warga lebih memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi kondom untuk antisipasi. (lus/mlo)




Pos terkait