Stok Beras untuk Empat Bulan Kedepan Aman

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P.

Medialampung.co.id – Stok beras di Kabupaten Lambar untuk empat bulan kedepan cukup dan aman meski dalam situasi wabah virus corona (Covid-19) sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P.

“Kalau untuk stok beras cukup untuk empat bulan kedepan karena sejumlah petani di Kecamatan Suoh, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Sukau, dan Kebuntebu saat ini sudah mulai panen,” kata Yedi.

Bacaan Lainnya



Kata dia, beberapa waktu lalu areal persawahan milik petani di Kecamatan Suoh memang sempat terserang hama wereng coklat namun serangan hama tersebut tidak menimbulkan fuso sehingga masih bisa diselamatkan dan berproduksi.

“Harga beras juga yang dijual di tingkat pasar masih relatif stabil atau tidak ada kenaikan harga yang melebihi harga tidak wajar,” akunya.

Dilain pihak, Kepala Gudang Bulog Liwa, Lukman Bulog siap mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi segala kemungkinan termasuk jika ada kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terkait stok pangan telah dinyatakan siap dan cukup.

”Pada intinya Bulog siap untuk menyediakan stok pangan , kalau pun ada kebijakan PSBB tidak ada kendala untuk kebutuhan pangan, karena saat ini sudah mulai memasuki masa panen, sehingga penyerapan beras dari petani baik di Lambar maupun Pesisir Barat sudah mulai berjalan,” kata dia. 

Bahkan menurutnya, di tengah wabah virus Covid-19 ini justru menjadi peluang bagi pelaku sektor pertanian, khususnya para petani. Peluang ini yang perlu dimanfaatkan para petani untuk meningkatkan produksi pangan untuk kesejahteraannya.(lus/mlo)



Pos terkait