Stok Blangko KTP-el Disdukcapil Tanggamus Masih 7.093 Keping

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus menyatakan bahwa stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) saat ini masih mencukupi.

Menurut Sekretaris Disdukcapil Tanggamus, per 4 Juni 2021, stok blangko KTP-el sebanyak 7.093 keping.

Bacaan Lainnya


“Kalau blangko aman, stok masih tersedia dan sudah diinfokan juga melalui media sosial (Medsos) disdukcapil,” kata Darma Setiawan mewakili Kepala Disdukcapil Tanggamus Maradona, Jumat (4/6).

Dilanjutkan Darma bahwa dokumen yang dikeluarkan dari Disdukcapil Tanggamus mulai dari cetak kartu keluarga (KK), cetak KTP elektronik (KTP-el) akta kelahiran, akta Kematian dan kartu identitas anak (KIA).

“Tidak ada pembatasan jumlah pemohon, ya berapapun itu masyarakat yang datang tetap kami layani,” urainya.

Diakui Darma bahwa kendala yang dihadapi saat ini oleh Disdukcapil adalah mengenai peralatan printer, dimana mesin print yang digunakan saat ini masih mesin standar.

“Ya, mesin print kita miliki saat ini masih standar administrasi pada umumnya, jadi dengan OPD lain sama saja mesin printernya, padahal intensitas print disini sangat tinggi,bisa 100 dalam sehari cetak kartu keluarga (KK) sehingga mudah rusak, harapannya di tahun depan peralatan untuk Adminduk bisa diperbarui sesuai kebutuhan untuk cetak Adminduk,” kata dia.

Masih kata Darma bahwa pelayanan administrasi kependudukan secara jemput bola diwilayah yang jauh dari pusat pemerintahan tetap dilaksanakan

“Program jemput bola itu kami namakan Pak Kamling (Pelayanan administrasi kependudukan perekaman keliling). Terbaru kami lakukan perekaman di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak Akhir Mei lalu, perekaman keliling dilakukan sejak Minggu sampai Selasa (23-25/5), itu untuk melayani masyarakat empat pekon di Pulau Tabuan,” ungkap Darma.

Ia menambahkan, perekaman di sana untuk semua pelayan administrasi kependudukan. Dan total hasilnya untuk semua pelayan ada 558 dokumen kependudukan diterbitkan. Rinciannya pencetakan Kartu Keluarga (KK) ada 70, akta kelahiran sebanyak 85 dokumen, akta kematian empat dokumen, surat keterangan pindah satu warga.

“Lalu Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 369 kartu, KTP ada 25 kartu, perekaman 63, dan cetak pembaruan KTP 51 KTP,semuanya langsung jadi saat itu,” pungkas Darma.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait