Stok Cadangan Pangan di Lambar Aman

  • Whatsapp
Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Lambar Rusman, S.Sos, M.M

Medialampung.co.id – Stok cadangan pangan pemerintah daerah Kabupaten Lambar aman. Bahkan hingga hari ini, Senin (12/10) stok yang tersedia mencapai 56.980 kilogram atau 56.98 ton.

Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Rusman, S.Sos, M.M mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H, mengatakan, dalam rangka antisipasi bencana. Pemkab Lambar melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyiapkan stok cadangan pangan pemerintah daerah. 

Bacaan Lainnya



Ia memaparkan, jumlah stok cadangan pangan pemerintah daerah untuk beras sebanyak 7,370 kilogram bersumber dari APBD tahun 2018 dan telah tersalurkan 50 kilogram sehingga kini stoknya tinggal sebanyak 7.320 kilogram.

Sedangkan beras sebanyak 50.000 kilogram (50 ton) berasal dari dana Covid-19 tahun 2020 (dana tak terduga) Kabupaten Lambar namun telah tersalurkan sebanyak 340 kilogram sehingga masih terdapat sisa 49.660 kilogram.

“Jadi hingga hari ini stok cadangan pangan berupa beras sebanyak 56.980 kilogram atau 56.98 ton. Beras tersebut kita titipkan di gudang Bulog Liwa,” kata Rusman, Senin (12/10)

Untuk cadangan beras pemerintah tersebut, lanjut Rusman, selama ini dititipkan di Bulog Liwa karena selama ini pemerintah daerah belum ada gudang penyimpan beras yang memenuhi standar. 

“Cadangan beras tersebut diperuntukkan sebagai cadangan untuk mengantisipasi ada permintaan korban dampak wabah Covid-19 dan bencana alam lainnya. Sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kecamatan dan pekon yang disampaikan kepada kami maka kita siap untuk mendistribusikannya,” bebernya.

Pihaknya berharap dengan adanya program bantuan cadangan beras pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat yang memang benar-benar membutuhkannya. (lus/mlo)



Pos terkait