Stok Vaksin AZ Habis, Diskes Pesbar Usulkan Penambahan ke Provinsi

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) segera menyurati Diskes Provinsi Lampung dan Polda Lampung, untuk permintaan penambahan vaksin Covid-19 khususnya jenis Astrazeneca (AZ) di Kabupaten Pesbar.

Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, mengatakan, vaksin jenis AZ hingga kini di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Pesbar masih kehabisan stok (kosong), sehingga bagi masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi dosis satu menggunakan vaksin jenis AZ dan sudah jadwalnya mengikuti dosis dua, diharapkan bersabar.

Bacaan Lainnya

“Kita segera mengusulkan penambahan vaksin jenis AZ itu ke Diskes Provinsi dan Polda Lampung, mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” katanya, Jumat (14/1).

Sehingga, kata dia, masyarakat yang sudah jadwalnya mengikuti vaksin dosis dua untuk jenis vaksin AZ itu bisa segera divaksin kembali. Sedangkan, untuk vaksin dosis dua tersebut, walaupun sudah jadwalnya mengikuti vaksin dosis dua namun belum bisa melaksanakan karena tidak adanya stok, itu tidak berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat atau dampak lainnya.

“Karena minimal untuk jarak waktu vaksinasi dosis dua seperti jenis vaksin AZ itu berkisar dua bulan lebih, sehingga jika terlambat atau melebihi jadwal tersebut tentu tidak ada persoalan,” jelasnya.

Masih kata Tedi, hingga saat ini juga masih banyak warga yang belum dilakukan vaksinasi dosis dua, salah satunya yang menggunakan vaksin AZ karena memang kehabisan stok. 

Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa tersedia kembali baik dari Diskes Provinsi maupun Polda Lampung, karena memang untuk vaksin jenis AZ itu rata-rata melalui Polri dan TNI.

“Jika vaksin jenis AZ sudah ada, maka masyarakat harus tetap mengikuti vaksin dosis dua,” katanya.

Sementara itu, kata dia, terkait dengan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster jenis Pfizer di Kabupaten Pesbar hingga kini masih terus berjalan di setiap Puskesmas. 

Mudah-mudahan pelaksanaan vaksin booster di Pesbar ini juga bisa berlangsung sukses, untuk itu semua pihak diharapkan bisa terus mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.

“Untuk pelayanan vaksinasi booster sementara ini masih dipusatkan di Puskesmas masing-masing, tapi tidak menutup kemungkinan bisa dilaksanakan di setiap gerai vaksin,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait