Stres Gara-Gara Virus Corona, Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuh?

  • Whatsapp
foto ilustrasi

Medialampung.co.id – Perkembangan informasi mengenai virus corona Covid-19 berdampak pula pada psikologis yang berujung pada stres. Padahal dalam kondisi stres terlalu berlebih, sistem imun tubuh bisa terganggu.

Imunitas sendiri, seperti yang Anda tahu, perlu terjaga baik agar tubuh tak mudah diserang virus. Imunitas yang lemah membuat seseorang justru mudah jatuh sakit.

Bacaan Lainnya



Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ali Khomsan, menjelaskan bahwa zat gizi, terutama vitamin C, akan berkurang jika seseorang mengalami stres.

“Saat stres, beberapa zat gizi seolah diboroskan tubuh. Zat gizi tersebut diperlukan untuk imunitas, sehingga akhirnya imunitas turun. Vitamin C adalah contoh yang terboroskan saat stres,” kata Prof. Ali.

Vitamin C sendiri selama ini diketahui sebagai salah satu immune booster atau peningkat daya tahan tubuh. Nah, terbayang kan, kalau kadar vitamin C di dalam tubuh berkurang gara-gara stres? Meski menurut Prof. Ali, belum bisa dipastikan juga berapa banyak kadar vitamin C yang akan terkuras saat seseorang dilanda stres.

“Belum diketahui, namun vitamim C dan vitamin B adalah yang paling mudah hilang,” ucap Guru besar Fakultas Ekologi Manusia IPB itu.

Selain menjaga pikiran agar tetap tenang dan terhindar dari stres, Prof. Ali juga menyarankan agar mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Hal ini bertujuan agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

“Jeruk, pepaya, sayuran, hijau, kacang-kacangan, aneka buah sangat baik,” tutupnya. (suaracom/mlo)



Pos terkait