Sudah 39 Warga Tuba Terjangkit DBD

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sejak memasuki tahun 2020 hingga Februari ini, sebanyak 39 warga Tulangbawang (Tuba) positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, Fatoni membenarkan hal tersebut. Menurutnya, 39 warga yang terjangkit DBD itu telah mendapatkan perawatan di puskesmas dan rumah sakit di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



”Alhamdulillah 39 warga yang positif terjangkit DBD itu sudah mendapat perawatan dan berangsur membaik,” ujarnya.

Menurut Fatoni, guna menekan dan mengantisipasi mewabahnya penyakit DBD di tengah masyarakat, Dinas Kesehatan telah melakukan beberapa upaya, seperti mengintensifkan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk, fogging serta mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani sekretaris kabupaten (sekkab).

Fatoni mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Tulangbawang untuk tetap melakukan langkah antisipatif, seperti melakukan 3M (menguras, mengubur, menutup).

”Upaya lainnya adalah kembali mengaktifkan kader-kader juru pemantau jentik (jumatik), sehingga meski nyamuk sempat bertelur, jentik nyamuk dapat langsung dibasmi,” terangnya.

Sementara untuk menangani warga yang suspect DBD, Dinas Kesehatan telah melakukan kerja sama dengan RSUD Menggala untuk penyediaan ruang pasien.

”Pihak RSUD tentunya selalu siap. Sampai saat ini, baik dari RSUD maupun puskesmas semua terpantau dengan baik,” pungkasnya. (rnn/mlo)



Pos terkait