Sukimanto Sambagi Pekon Sidomulyo Persiapan Kampung Tangguh Nusantara 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Polri bersama TNI telah membentuk 7.024 Kampung Tangguh Nusantara. Program ini merupakan upaya inovasi melawan Covid-19 berbasis lingkungan, mulai dari Pekon, hingga RT/RW.

Seperti di Kabupaten Lampung Barat pada 2020 lalu, Pekon Srimenanti, Kecamatan Airhitam yang menjadi Pekon Tangguh Nusantara. 

Bacaan Lainnya

Menyikapi Hal tersebut Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto, S.Sos, M.M, bersama Panit Binmas Bripka Poniman, S.Pd, melakukan peninjauan di beberapa pekon di wilayah hukum Polsek Sekincau dalam kesiapan menjadi Kampung Tangguh Nusantara. Salah satunya Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa. 

Disampaikan Sukimanto mendampingi Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., dalam program Kampung Tangguh Nusantara tersebut masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan wabah Covid-19. Sekaligus wujud dukungan penuh tentang Ketahanan pangan sebagaimana dicanangkan pemerintah. 

Diuraikannya, terdapat beberapa prioritas yang harus dipersiapkan untuk menjadi Kampung Tangguh Nusantara diantaranya, keberadaan Pos Ronda, Posbindu yang menjadi fasilitas pelayanan kesehatan, Rumah Isolasi mandiri, Pangan Nabati, Ketahanan Pangan Mandiri, Standar Protokol Kesehatan (Prokes) dan Portal Prokes/keluar masuk pekon.

Dia juga menyebutkan untuk wilayah hukum Polsek Sekincau pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa kecamatan mulai dari Kecamatan Batubrak, Batuketulis, Sekincau, dan Kecamatan Pagardewa. 

Menurut Sukimanto, pembentukan Kampung Tangguh Nusantara merupakan salah satu program kerja Polri yang sangat perlu mendapat dukungan dari semua pihak, sebagai upaya menciptakan situasi Kamtibmas. Serta kondisi situasi Pandemi Covid 19 yang belum berakhir sampai saat ini.

Terusnya pembentukan Kampung Tangguh Nusantara juga harus melalui berbagai pertimbangan dari lapisan masyarakat tokoh agama dan Uspika. (r1n/mlo)




Pos terkait