Sukseskan GSMS, Tari Sindi SMAN 1 Waytenong Tampil Memukau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tampil memukau SMAN 1 Waytenong menyuguhkan Tari Sindi pada pagelaran dan pentas seni budaya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Jumat (8/10) yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu.

Dibawah binaan seniman Ahmad Susantri, M.Sn dan asisten seniman Lia Pratiwi, S.Pd., 13 siswi tampil memukau dengan menyuguhkan Tari Sindi. 

Bacaan Lainnya

“Tari Sindi terinspirasi dari sikap Putri Sindi sebagai putri mahkota Ratu Sekeghumong. Saat Gedung Dalom di kepung oleh 4 Maulana, Sindi berdiri dengan yakin, mengikhlaskan rasa remuk, patah, dan hancur melihat tahta orang tuanya di runtuhkan, demi masa depan masyarakatnya yang lebih baik. Dari sini kita dapat belajar ada banyak pengorbanan dan keberanian dalam menentukan pilihan,” papar Ahmad Susantri

“Setelah melalui masa latihan dibawah binaan seniman masuk sekolah, Alhamdulillah siswi-siswi SMAN 1 Waytenong dapat menampilkan penampilan terbaiknya dalam kegiatan tersebut. Saya sangat mengapresiasi kegiatan GSMS ini, kedepan saya berharap kegiatan GSMS terus berlanjut dilaksanakan secara kontinu pada generasi selanjutnya. Karya seni akan selalu ada dikehidupan kita,” kata Lia

Sementara itu Kepala SMAN 1 Waytenong Supandi, S.Pd., M.M., menuturkan bahwa sekolah beruntung dapat ikut serta menjadi bagian dari program yang digulirkan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Seni tari adalah cabang seni yang mengungkapkan ekspresi, pikiran, perasaan, kehendak, dan pengalaman manusia yang dibawakan menggunakan media gerak tubuh dan unsur-unsur pendukungnya seperti musik dan pentas. 

“Melalui kegiatan tersebut siswa memiliki wadah baru untuk menuangkan bakat dan minat siswa dibidang seni tari lebih maksimal. Diharapkan siswa dan guru yang berperan dalam program GSMS ini terus mengupdate keahlian seni tari yang telah diberikan oleh seniman masuk sekolah dengan maksimal,” katanya.(jen/mlo)


Pos terkait