Sumber Agung Serahkan BLT-DD Untuk 58 KPM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menyerahkan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 untuk tahap pertama atau April kepada 58 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dipusatkan di Balai Pekon setempat, Senin (1/6).

Peratin Pekon Sumber Agung, Wawan Sori, mengatakan bahwa BLT-DD tahap pertama dalam penanganan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 baru bisa dilaksanakan hari ini, karena memang dalam pendataan penerima BLT-DD itu melalui beberapa proses tahapan seleksi, validasi dan verifikasi baik yang dilakukan oleh tim relawan Pekon maupun pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, dalam proses penentuan data BLT-DD tentu harus sesuai dengan kriteria yang ada, salah satunya tidak ada data warga yang tumpang tindih menerima bantuan seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Sembako maupun lainnya yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Untuk di wilayah Pekon Sumber Agung ini sudah sekitar 55 persen lebih Kepala Keluarga (KK) yang telah mendapat bantuan sosial baik dari Pemerintah Pusat maupun Kabupaten,” katanya.

Karena itu, kata dia, dengan adanya BLT-DD yang telah direalisasikan kepada KPM dengan besaran Rp600 ribu perbulan untuk tahap April itu diharapkan dapat membantu masyarakat dan meringankan beban masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sedangkan, BLT-DD tersebut akan direalisasikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni, sehingga selama tiga bulan tersebut KPM menerima BLT-DD sebesar Rp1,8 juta.

“Sedangkan, untuk realisasi BLT-DD tahap kedua dan ketiga atau Mei-Juni, tentu akan tetap diupayakan secepatnya,” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya juga masih menunggu adanya informasi dari Pemkab Pesbar maupun Pemerintah Pusat terkait dengan BLT-DD tersebut apakah nanti hanya untuk tiga bulan saja atau ada penambahan kembali. Namun yang jelas pihaknya berharap kepada KPM BLT-DD tersebut benar-benar memanfaatkan dengan baik bantuan yang telah diterima tersebut. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar dapat bersama-sama mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Seperti memakai masker saat keluar rumah, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak saat di keramaian dan menerapkan protokol kesehatan lainnya,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait