Sungai Karang Tengah Meluap, Enam Rumah dan Dua Hektar Sawah Terendam Banjir

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sungai Karang Tengah di Pekon Tembelang Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat meluap pada Rabu (19/5) sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya enam rumah warga dan dua hektar areal persawahan warga pekon setempat terendam banjir. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Maidar, SH, M.Si., mengungkapkan, akibat intensitas hujan yg tinggi selama sekitar 30 menit, mengakibatkan meluapnya sungai Karang Tengah dengan ketinggian mencapai 50-100 CM. 

“Dampak dari banjir tersebut enam rumah warga terendam milik Maryono, Hasan, Maryo, Sutio, Parmi dan Peni, selain itu ada dua hektare sawah juga ikut terendam, namun alhamdulillah untuk korban jiwa nihil,” ungkap Maidar. 

Dikatakannya, upaya yang telah dilakukan Satgas pekon dibantu masyarakat membersihkan material banjir, melakukan pendataan di lokasi kejadian, berkoordinasi dengan peratin, Camat Pusdalops PB BPBD mengenai proses penanganan dampak banjir. 

Sementara itu anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi yang menyempatkan diri untuk turun meninjau lokasi meminta kepada BPBD Lambar untuk mengkaji penyebab banjir dan mencarikan solusi sehingga kedepannya bisa diminimalisir. 

“Kami minta kepada pihak terkait dalam hal ini BPBD untuk meninjau tanggul yang jebol, dan ditindaklanjuti dan ditangani sehingga banjir tidak terulang, terlebih intensitas hujan terus meningkat,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait