Sungai Waysemangka di BNS Meluap, Sebabkan Jembatan Putus, Sekolah dan Permukiman Terendam

  • Whatsapp
foto nop/mlo

Medialampung.co.id –  Hujan deras yang mengguyur sebagian  besar wilayah Kabupaten Lampung Barat,  menyebabkan sejumlah pekon di Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), seperti pekon Bumi Hantatai, Pekon Tembelang,  Pekon Suoh, dan Pekon Tanjung Sari banjir yang diakibatkan meluapnya sungai way semangka.

Camat BNS Suryanto, S.Pd., mengatakan, banjir tersebut selain menyebabkan terendamnya areal persawahan, perkebunan, pemukiman dan sekolah juga menyebabkan satu unit jembatan gantung di Pekon Tembelang putus.

Bacaan Lainnya



”Sampai saat ini untuk lokasi banjir terparah itu berada di pekon Bumi Hantatai dan Pekon Tembelang, selain  menyebabkan SMPN 2 BNS dan permukiman sekitar di Pekon Bumi Hantatai terendam, juga ada satu unit jembatan gantung di Pekon Tembelang yang putus,” ungkap Suryanto.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan dari terkait adanya kerugian materi yang dialami masyarakat, namun itu akan dilakukan inventarisir untuk kemudian dilaporkan kepada pihak terkait.

”Sampai saat ini laporan kerusakan baru satu yakni jembatan gantung di Pekon Tembelang, keberadaan jembatan tersebut sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat,karena jembatan itu merupakan akses masyarakat saat hendak dan pulang dari sawah maupun kebun, sementara untuk kerugian di masyarakat belum ada laporan,”    

Suryanto,  yang juga turun langsung melakukan peninjauan di pekon-pekon yang terdampak banjir, berharap kepada pemerintah daerah untuk melakukan  normalisasi  sungai waysemangka, yang kini sudah terjadi pendangkalan di beberapa tempat, sehingga rawan terjadi banjir.

”Penyebab banjir tersebut salah satunya karena terjadi pendangkalan pada aliran sungai waysemangka, karena itu kami berharap normalisasi bisa kembali dilakukan. Selain itu, kami juga berharap pihak terkait segera turun melakukan peninjauan,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait