Suparjo : Mahasiswa KKN Mampu Meningkatkan SDM Masyarakat Pekon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Banyak pengalaman berharga yang berhasil dipetik baik masyarakat mapun oleh para mahasiswa Unila selama melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Pekon Sinarjaya, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang saat ini tengah berlangsung.

Bagaimana tidak, ilmu pendidikan yang diraih para penerus bangsa saat di kampus tersebut dapat diaplikasikan setelah berada di pekon tersebut. Terbukti kedekatan emosiaonal antara mahasiswa dengan warga amat terlihat dalam tukar ilmu tentang mengembangan potensi yang dimiliki pekon tersebut dalam rangka menunjang perekonomian masyarakat. Seperti halnya yang diterapkan mahasiswa kepada para Ibu Rumah Tangga (IRT) berupa penyuluhan pembuatan tepung pisang.

Bacaan Lainnya



Tak hanya sampai pada program-program yang sifatnya pembelajaran pengetahuan, para mahasiswa juga melakukan aksi pelestarian alam berupa penanaman pohon untuk penghijauan sebagaimana penaman pohon yang dilakukan di halaman Balai Pekon setempat.

Peratin Suparjo menyebutkan, dengan usia pekon yang masih muda, tetunya banyak hal-hal khususnya pengalaman baik di bidang pemerintahan, hingga kemasyarakat yang berlu diadopsi pekon itu untuk dapat mengimbangi kemajuan pekon lainnya yang usianya lebih dewasa seperti pekon tetangga Gunungterang dan Sumberalam.

Maka melalui kedatangan mahasiswa KKN Unila tersebut tentu menjadi kesempatan bagi pekon itu dalam rangka memupuk ilmu pengetahuan baik di sektor pemerintahan, pertanian, pendidikan dan lainnya. Terlebih para mahasiswa yang melaksanakan KKN dari berbagai fakultas. “Waktu KKN mahasiswa Unila masih banyak tentunya masa itu mari kita manfaatkan untuk saling membantu, yang juga saling menguntungkan baik untuk para KKN mapun masyarakat,” ajaknya.

Pihaknya juga berharap mahasiswa Unila tersebut bukan hanya hadir untuk menyelesaikan studi KKN, melainkan nantinya berperan seperti menyuarakan apa yang menjadi potensi pekon untuk dapat dikembangkan melalui perhatian pemerintah ataupun investor yang berkehendak mengembangkan usaha di pekon itu. (ius/mlo)



Pos terkait