Sutarno Imbau Warga Waspadai Banjir

  • Whatsapp
Foto ist/ilustrasi

Medialampung.co.id – Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Sutarno mewakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung, Syamsul Rahman mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sutarno kepada medialampung mengatakan, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luapan air saat hujan mengguyur, seluruh masyarakat Bandarlampung harus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang tentunya dapat menimbulkan penyumbatan selokan hingga menjadi pemicu banjir.

Bacaan Lainnya

“Iya, mengingat sekarang musim penghujan, maka kita mengajak masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, seperti yang pernah kami edukasikan sebelumnya,” terangnya.

Lanjut dia, delapan kecamatan dengan hunian dataran rendah di Bandarlampung, yakni Kecamatan Telukbetung Selatan, Telukbetung Timur, Kedamaian, Rajabasa, Sukarame, Sukabumi, Panjang, dan Bumiwaras.

“Karenanya kami mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras mengguyur juga sebagai upaya antisipasi agar lingkungan masyarakat tidak banjir,” terangnya.

Terusnya, tanda-tanda banjir dapat dilihat dari sekitar tiga jam sebelumnya. Misalnya, air mengalir namun tidak secepat biasanya saat hujan deras.

Pihaknya bersama petugas BMKG juga kerap melakukan edukasi kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir.

Informasi terkait cuaca khususnya saat akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi, diterima dari pihak BMKG. “Setelah itu, kami sampaikan kepada masyarakat melalui camat juga kelurahan, khususnya daerah dataran rendah, dengan tujuan agar selalu waspada. (ion/mlo)


Pos terkait