Syaifullah : Koordinasi Percepat Penanganan Bencana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), meminta seluruh pemangku kepentingan mulai dari tingkat pekon, kecamatan hingga organisasi perangkat daerah (OPD) agar meningkatkan koordinasi di wilayah masing-masing.

Hal itu agar jika terjadi bencana alam proses penanganan dapat segera dilakukan, bahkan BPBD telah menyiagakan tim siaga bencana pekon di sejumlah titik rawan bencana di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S.Pi., mengatakan saat ini hujan deras mulai mengguyur wilayah Kabupaten Pesbar, karena itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam komunikasi perlu ditingkatkan di setiap lini.

“Komunikasi perlu ditingkatkan terutama dengan BPBD Pesbar, hal itu agar jika terjadi bencana alam kita bisa langsung menghubungi petugas di lapangan agar bisa langsung turun ke lokasi kejadian,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pesbar agar dapat menyiapkan alat berat.

“Jika lokasi bencana alam memerlukan alat berat maka kita akan melakukan koordinasi dengan DPUPR, hal itu agar bisa segera menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian,” jelasnya.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi saat meningkatnya curah hujan mulai dari banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang, karena itu masyarakat juga harus lebih waspada.

“Masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, terutama bencana banjir dan tanah longsor agar lebih waspada, jika terjadi bencana alam agar segera melapor ke BPBD,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait