Syukuri Karunia Allah, Warga Pekon Rigisjaya Gelar Sedekah Bumi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, menggelar tradisi Sedekah Bumi, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia yang dilimpahkan Allah SWT. Tradisi Sedekah Bumi Pekon Rigis Jaya, Peratin Sugeng Berikan Santunan Anak Yatim 

Ritual yang sudah menjadi tradisi turun menurut masyarakat setempat itu, pada tahun ini digelar pada Minggu (27/6) bersamaan dengan bakti sosial (baksos) santunan anak yatim dan piatu.

Bacaan Lainnya

Acara itu sendiri dilaksanakan di aula balai Pekon Rigisjaya, yang dihadiri Kasi Kesra Kecamatan Airhitam M. Irfan  mewakili Camat Andy Cahyadi, S.H, M.A. babinsa, babinkamtibmas, bidan/perawat desa dan seluruh elemen masyarakat pekon itu. 

Disampaikan Peratin Sugeng, budaya atau tradisi sedekah bumi tersebut telah dilaksanakan sejak dulu, sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah dikaruniakan Allah, SWT, untuk kehidupan umat manusia diatas bumi. 

“Sedekah bumi ini merupakan simbol penghormatan dan bentuk terimakasih kepada alam atas karunia yang besar,” ungkapnya.

Lanjutan di kesempatan baik itu juga dilaksanakan santunan kepada anak yatim dan piatu. “Ritual tahun ini berbeda dengan sebelumnya dimana kali ini kita memberikan segala batasan tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19,” ujarnya. 

Diakhir sambutannya pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa semoga dijauhkan dari musibah, dan apa yang menjadi usaha masyarakat mendapatkan hasil yang berkah.

Sementara disampaikan Sersan Rusawan selaku babinsa setempat, menyinggung terkait vaksinasi Covid-19. Pihaknya memanfaatkan momentum tersebut dengan mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan vaksinasi sebagai syariat dalam mencegah terjadinya korban akibat virus corona. (rin/mlo)


Pos terkait