Tahap ke-II, Sebanyak 4.703 KPM Terima BST Kemensos

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 4.703 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baik yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non-DTKS di Lampung Barat yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten setempat menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos-RI).

Penyaluran dilakukan melalui sejumlah kantor Pos yang ada di kabupaten setempat, dengan proses penyaluran mulai dilaksanakan sejak Rabu (26/5). 

Bacaan Lainnya

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sopan Sopian, SIP, MM., mendampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lambar Edy Yusuf, S. Sos, MH., mengatakan, untuk total penerima BST Kemensos di Lambar sebanyak 7.949 KPM. 

“Untuk penyaluran BST Kemensos ini dilakukan di kantor pos dan Himbara (BRI, dan BNI), dengan rincian untuk penyaluran di kantor Pos sebanyak 3.536 KPM yang masuk DTKS dan 4.164 KPM non-DTKS, kemudian melalui  Himbara sebanyak 249 KPM masuk dalam DTKS,” ungkap Sopan Sopian, Kamis (27/5). 

Dijelaskan, pada tahap I realisasi penyaluran sebanyak 3.246 KPM masuk data,  2.997 KPM menerima melalui kantor Pos dan 249 KPM menerima melalui Himbara. Kemudian, lenyaluran tahap II, melalui kantor Pos sebanyak 3.536 DTKS dan 1.167  Non DTKS dengan total 4.703 KPM. 

“Penyaluran BST Kemensos ini baru untuk bulan April, dan penyaluran bulan selanjutnya akan dilakukan melalui kantor pos dan Himbara, namun untuk informasi lebih lanjut bisa berkoordinasi dengan kantor pos maupun bank penyalur yang ditetapkan,” kata dia. 

Lebih lanjut dikatakan Sopan, dari seluruh usulan yang disampaikan, sebanyak 154 calon KPM tidak direalisasikan oleh Kemensos RI. Sehingga perlu dimaklumi oleh aparat pemerintahan pekon maupun masyarakat yang sudah terlanjur di data sebelumnya. 

“Ada 154 yang tidak direalisasikan oleh pusat, kami tidak tahu penyebabnya apa, yang jelas sudah kita usulkan,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait