Tahapan Pilkada, KPU Waykanan Umumkan Pendaftaran Pasangan Calon

  • Whatsapp
Ketua KPUD Waykanan Refki Dharmawan

Medialampung.co.id – Sesuai tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 mulai hari ini, Jumat (28/8), KPU Way Kanan mengumumkan pendaftaran Pasangan Calon untuk Pilkada Serentak 9 Desember 2020. 

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan didampingi Komisioner Divisi Teknis Noprisyah Harianto mengatakan bahwa sesuai PKPU No.5/2020 mulai hari ini 28 Agustus hingga tanggal 3 September 2020 KPU penyelenggara Pilkada mengumumkan Pendaftaran Pencalonan.

Bacaan Lainnya



Sebagaimana ketentuan dalam Undang Undang No.10/2016 yang diubah dengan Undang undang No.6/2020, bahwa pencalonan melalui Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang memperoleh paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau 25% (dua Puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat terakhir di daerah yang bersangkutan.

“Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik mengusulkan Pasangan Calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah, ketentuan tersebut hanya berlaku bagi partai politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terakhir di daerah yang bersangkutan,” ujar Refki

Refki menambahkan bahwa sesuai Juknis KPU Republik Indonesia nomor 394/2020 tentang pedoman teknis pendaftaran pasangan calon bahwa untuk di Kabupaten Way Kanan untuk dapat mengusung pasangan calon maka Partai Politik atau Gabungan Partai Politik minimal memiliki 8 kursi di DPRD atau jika dengan 25% suara sah sebanyak 64.515 suara. 

Pendaftaran Pasangan Calon akan dibuka selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4-6 September dengan ketentuan tanggal 4 dan 5 September mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB, dan tanggal 6 September mulai pukul 08.00 s/d 24.00 WIB.

Masih menurut Refki, bahwa KPU memperpanjang masa pendaftaran apabila tidak terdapat atau hanya terdapat 1 (satu) Bakal Pasangan Calon yang mendaftar sampai berakhirnya masa pendaftaran. Perpanjangan ini didahului sosialisasi 3 hari dan pendaftaran perpanjangan 3 hari.

Proses pendaftaran Pasangan Calon untuk Pilkada di tengah pandemi berbeda tatacaranya dengan pilkada yang lalu, dimana yang hadir cukup Pasangan calon, LO, ketua dan sekretaris Partai Politik Pengusung. Tidak diperkenankan lagi adanya keramaian, atraksi budaya dan sebagainya yang menimbulkan kerumunan warga.(wk1/mlo)



Pos terkait