Tahun 2021, ADK Untuk Pesbar Nihil

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Di tahun anggaran 2021 Pemerintah Pusat tidak lagi mengucurkan Anggaran Dana Kelurahan (ADK) melalui Dana Alokasi Umum (DAU) khususnya dana pembangunan dan pemberdayan masyarakat di dua Kelurahan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Kabid Anggaran, Zayendra, S.E, M.Akt., mendampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan bahwa peniadaan anggaran dana kelurahan itu merupakan salah satu dampak pandemi Covid-19, karena di tahun 2021 pemerintah pusat tidak lagi mengucurkan ADK tersebut.

Bacaan Lainnya


“Bukan hanya di Pesbar saja, tapi di Kelurahan di daerah lain juga sama tidak ada yang mendapat ADK di tahun 2021 ini,” katanya, Rabu (6/1).

Dijelaskannya, Pemkab Pesbar melalui BPKAD belum dapat memastikan apakah ADK hanya dihapus untuk tahun 2021 atau hingga tahun berikutnya. Mengingat pemerintah pusat hanya menginformasikan peniadaan ADK itu di tahun 2021. Sedangkan, mengenai ADK yang tidak ada dari Pusat di tahun 2021 itu juga telah disampaikan ke masing-masing Kelurahan di Pesbar.

“Selain dana kelurahan yang tidak ada dari Pemerintah Pusat, di tahun 2021 ini untuk dana transfer dari Pusat juga mengalami penurunan drastis. Tentu secara umum dipastikan dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan tidak adanya ADK di setiap Kelurahan yang ada di Pesbar ini tentunya sangat berdampak terhadap percepatan pembangunan daerah. Terlebih, ADK yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat sejak 2019 sampai 2020 lalu terbukti sangat membantu Kabupaten Pesbar dalam percepatan pembangunan daerah. Bukan hanya bidang fisik infrastruktur pembangunan saja, namun juga membantu peningkatan sumber daya manusia terutama yang ada di wilayah Kelurahan.

“Karena itu, di tahun anggaran 2021 ini Kelurahan hanya menerima dana operasional seperti biasa. Meski begitu kita berharap Kelurahan bisa tetap melaksanakan kegiatan Pemerintahan dengan baik dan maksimal,” tandasnya. (yan/d1n/mlo)




Pos terkait