Tahun 2021, Jalan Mantap Ditarget 74 Persen

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Infrastruktur jalan menjadi salah satu fokus perhatian Pemkab Lambar. Untuk mewujudkan jalan mantap, pemerintah daerah menargetkan pada tahun 2021 kondisi jalan mantap mencapai 74 %.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, target jalan mantap 74 % itu sesuai dengan sasaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sedangkan target Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 64,18 %.

“Untuk tahun ini target jalan mantap 62,68 %, sedangkan kondisi jalan mantap sampai tahun 2019 adalah 62,18 % atau 45,22 kilometer dari total panjang jalan kabupaten 724,00 Kilometer (KM),” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Selasa (13/10).

Kata dia, untuk kondisi jalan mantap tahun ini akan terlihat setelah akhir tahun 2020 karena saat ini kegiatan baik perbaikan jalan, pembangunan maupun pemeliharaan jalan masih dalam proses pelaksanaan.

Untuk mencapai target jalan mantap tersebut, kata dia, pemerintah daerah untuk tahun anggaran 2021 mengusulkan sejumlah kegiatan baik peningkatan, pembangunan maupun pemeliharaan sejumlah ruas jalan kabupaten yang ada di kabupaten beguai jejama ini.

“Kegiatan itu selain kita usulkan pada APBD kabupaten, juga kami usulkan melalui dana alokasi khusus (DAK),” ungkap dia.

Menurut dia, untuk mewujudkan jalan mantap, tahun ini Pemkab Lambar menganggarkan dana melalui APBD untuk infrastruktur jalan. Selain itu, bersumber dari DAK dan DID telah dianggarkan dana untuk infrastruktur jalan.

“Semoga saja target jalan mantap 72 % pada tahun ini dan 2021 mendatang terealisasi sesuai dengan harapan. Kalau kita lihat saat ini kondisi jalan di Kabupaten Lambar sudah bagus dan masyarakat juga telah merasakan manfaatnya,” pungkas Okmal. (lus/mlo)



Pos terkait