Tahun Ini, Anggaran BOS Lambar Rp35 Miliar

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.i – Anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk Kabupaten Lambar yang akan dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Lampung tahun ini sebesar Rp35 miliar.

Pencairan dana tersebut akan dilakukan empat tahap yaitu tahap I (Januari-Maret), tahap II (April-Juni), tahap III (Juli-September), dan tahap IV (Oktober-Desember).

Bacaan Lainnya



“Dana BOS tahun ini jumlahnya sama dengan tahun lalu yaitu sebesar Rp35 miliar untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta,” ungkap Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Wasis Supriyadi, S.T, M.Ak mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.P, M.M, Selasa (21/1)

Dijelaskannya, BOS adalah salah satu bentuk intervensi program pemerintah yang dilakukan terhadap sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, dan penggunaan BOS 20 % untuk pengadaan buku serta 80 % antara lain digunaan untuk kegiatan belajar mengajar, pengembangan profesi guru, pengadaan alat tulis kantor (ATK), serta penerimaan peserta didik baru (PPDB).

“Jumlah BOS yang diterima sekolah yaitu Rp 800.000/siswa/tahun untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Rp1.000.000/siswa/tahun untuk tingkat SMP. Sedangkan peyaluran dana dilakukan setiap 3 bulanan (triwulan) dan ditransper langsung kerekening sekolah, “ kata dia seraya menambahkan, jumlah siswa SD penerima BOS di Lambar sekitar 30.600 siswa sedangkan SMP 10.700 siswa.

Lanjut dia, bantuan ini ditujukan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik SD dan SMP negeri dan swasta terhadap biaya operasional sekolah, membebaskan pungutan seluruh peserta didik miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta serta meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik. “Untuk dana BOS tahun 2019 lalu telah terserap 100 %,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait