Tahun Ini, Disbunnak Lambar Targetkan IB untuk 608 Ekor Sapi 

  • Whatsapp
Ilustrasi Inseminasi buatan

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar optimis target program  inseminasi buatan (IB) tahun ini tercapai bahkan over target. 

“Untuk inseminasi buatan tahun ini kita targetkan sebanyak 608 ekor ternak sapi dan hingga kini telah terealisasi 133 ekor,” ungkap Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran, Rabu (28/4).

Bacaan Lainnya

Sementara tahun 2020 lalu, lanjut dia, pihaknya menargetkan sebanyak 431 ekor dan hingga akhir tahun telah terealisasi 431 ekor sapi yang dilakukan IB.

“Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggenjot reproduksi sapi dalam negeri. Kita optimis target IB tahun ini tercapai target karena populasi ternak sapi bertambah,” kata dia

Kata dia, melalui sistem inseminasi buatan atau kawin suntik, selain untuk meningkatkan produksi sapi juga bisa sebagai alat untuk peningkatan mutu genetik ternak. Pelaksanaan teknologi IB memberikan banyak keuntungan bagi industri peternakan, selain memperbaiki kualitas genetik dan mencegah terjadinya inbreeding, juga dapat mengurangi penularan penyakit reproduksi.

“Dengan adanya berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi IB, saat ini IB menjadi ujung tombak untuk keberhasilan program sapi kerbau komoditas andalan negeri (Sikomandan)  yang merupakan fokus kegiatan pemerintah pusat,” katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan IB, produksi ternak di Kabupaten Lambar mengalami peningkatan.

“Selain meningkatkan produksi, juga kedepan diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya peternak sapi di Kabupaten Lambar,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait