Tahun Ini, Disdikbud Lambar Bina Sanggar Sekaligus Siapkan Bantuan

  • Whatsapp
Kabid Kebudayaan Disdikbud lambar Riadi Andrianto, S.H

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar memiliki komitmen yang tinggi untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya lokal. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan komitmen tersebut adalah kegiatan pembinaan sanggar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Hal tersebut diungkapkan Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Disdikbud Bulki, S.Pd, Kamis (6/2).

“Tahun ini kita akan melakukan pembinaan terhadap sanggar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Suoh, Kecamatan Sekincau dan Kecamatan Kebuntebu,” Riadi.

Selain pembinaan, kata Riadi, pihaknya menyiapkan bantuan berupa alat musik Lampung, serta pakaian tari batin untuk di serahkan di tiga kecamatan tersebut dan penggunaannya nanti oleh sanggar-sanggar maupun sekolah di wilayah kecamatan yang mendapatkan bantuan.

Ia mengungkapkan bahwa keberadaan sanggar memiliki peran yang strategis dalam upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya lokal.

Upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal menjadi suatu hal yang penting saat berbicara masalah globalisasi. Dalam hal ini melalui pendalaman dan kecintaan terhadap seni dan budaya lokal akan dapat menjadi filter yang kuat terhadap derasnya pengaruh arus globalisasi.

“Oleh karenanya kesadaran dan kecintaan terhadap seni budaya lokal hendaknya ditanamkan sedini mungkin kepada generasi muda,” imbuhnya.

Riadi berharap dengan adanya pembinaan dan pemberian bantuan alat kesenian ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan turut serta melestarian seni tari tradisonal tari batin bagi pelajar.

Sebab meski menjadi aset kecamatan namun pakaian tersebut dapat di pinjam secara umum oleh para sekolah.

“Kesenian merupakan salah satu alat pemersatu. Karena ada unsur kerjasama, dan melatih kekompakan sehingga tumbuh kebersamaan. Semoga apa yang diupayakan pemerintah daerah memberi manfaat yang luas bagi kelestarian seni di Kabupaten Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait