Tahun Ini, Lambar Dapat Bantuan Bibit Pisang, Bawang dan Cabai untuk 80 Hektar

  • Whatsapp
Kabid Hortikultura DTPH Lambar Patoni, S.H

Medialampung.co.id – Tahun anggaran 2021 ini Petani di Kabupaten Lampung Barat akan kembali menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung. Bantuan yang akan diberikan berupa bibit pisang, bawang dan cabai dengan luas total sasaran seluas 80 hektar (Ha). 

Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni mengungkapkan,  untuk bantuan bibit pisang yang akan diterima seluas 40 Ha, yang nantinya tersebar di tiga kecamatan rinciannya Kecamatan Balikbukit 10 Ha, Pagardewa 20 Ha, dan Belalau 10 Ha. 

Bacaan Lainnya



“Untuk jenis bantuan bibit pisang yang akan diberikan yakni jenis pisang barangan merah, untuk satu hektarnya diperkirakan 500 batang,” ungkap Patoni, Rabu (7/4). 

Selanjutnya, untuk bantuan benih bawang berupa bawang merah dengan sasaran Kecamatan Lumbokseminung dengan luas 15 Ha. Dipilihnya Lumbokseminung sebagai sasaran dalam program bawang merah, itu karena kondisi geografis daerah itu cocok untuk pengembangan komoditas bawang merah. 

“Kemudian untuk benih cabai sasarannya Kecamatan Balikbukit seluas 15 Ha dan Sekincau 10 Ha. Kedua kecamatan itu merupakan sentra hortikultura, yang tentunya dengan adanya bantuan benih yang diberikan oleh pemprov bersumber APBN tersebut bisa membantu petani dalam masalah permodalan,” kata dia. 

Lebih lanjut Patoni mengungkapkan, rencana awal jumlah bantuan yang akan disalurkan ke Lambar lebih banyak, salah satunya bibit pisang dimana rencana awal untuk 100 Ha, tetapi kami mendapatkan informasi terakhir hanya untuk 40 Ha saja. 

“Namun tentunya dengan adanya bantuan ini maka petani bisa terbantu. Kemudian untuk pisang dan bawang merah, memang menjadi salah satu fokus yang  dikembangkan di Lambar, karena dengan kondisi tanah yang subur tentunya kedua komoditas tersebut bisa tumbuh dengan baik, dan akan menjadi salah satu komoditas yang diunggulkan,” pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait