Tahun Ini, Lambar Mendapat Bantuan Bawang Merah-Cabai untuk 40 Ha

Kabid Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni, SH.

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini akan mendapatkan bantuan bawang merah dan cabai merah dari Pemerintah Pusat melalui program pengembangan kawasan sayuran dan tanaman obat.

“Tahun ini Kabupaten Lambar akan mendapatkan bantuan bibit bawang merah untuk lahan seluas 20 hektar dan cabai merah untuk lahan 20 hektar jadi total semuanya ada 40 hektar,” kata Kabid Hortikultura Patoni, S.H, mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Rusdi, Kamis (13/1).

Bacaan Lainnya

Patoni memaparkan, untuk bantuan bibit bawang merah tersebut akan dialokasikan untuk enam kelompok tani (Poktan) yaitu Poktan Primatani Pekon Sukabumi Kecamatan Batubrak 5,25 Ha, Poktan Rukun Tani Pekon Sukabumi 3 Ha, Poktan Karya Mukti Pokton Sukabumi seluas 1,75 Ha.

Lalu Poktan Pantau Jaya Kelurahan Pasarliwa Kecamatan Balikbukit seluas 3,75 hektar, Poktan Tunas Jaya Kelurahan Pasarliwa 3,25 Ha, serta Poktan Serba Usaha Pekon Padangdalom seluas 3 Ha. 

“Jadi ada enam Poktan di dua kecamatan yang akan menerima bantuan bibit bawang merah,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, untuk bantuan bibit cabai merah akan dialokasikan untuk empat poktan dan satu gapoktan di Kecamatan Balikbukit, yaitu Poktan Sentosa Kelurahan Waymengaku 3 Ha, Poktan Maju Pesat Kelurahan Waymengaku 1 Ha, Poktan Mandiri Sebarus Pekon Sebarus 1 Ha, serta Poktan Sukajadi Pekon Sukarame seluas 5 Ha, serta Gapoktan Serupa Kelurahan Pasarliwa 10 Ha.

“Untuk bantuan bawang merah dan cabai ini, Kabupaten Lambar sudah beberapa tahun ini mendapatkan bantuan, bahkan para petani telah berhasil melakukan budidaya tanaman dengan baik,” kata dia.

Ia berharap melalui program tersebut petani akan maju dengan menjadikan komoditas tersebut sebagai salah satu jenis komoditas yang dikembangkan, itu mengingat komoditas tersebut memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. 

“Kita berharap dengan adanya bantuan bibit bawang merah dan cabai merah ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya Poktan dan Gapoktan penerima bantuan,” tutupnya. (lus/mlo)

Pos terkait