Tahun Ini, Lambar Terima DBH CHT Rp3 Miliar

  • Whatsapp
Kepala BPKD Kabupaten Lambar Daman Nasir

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini akan menerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) sebesar Rp3 miliar lebih dari pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P, Rabu (4/3/2020).

Dijelaskan, DBH CHT sebesar Rp3 miliar lebih itu akan dialokasikan untuk tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak). “Dana Rp3 miliar lebih itu rinciannya Rp2,191 miliar lebih akan dialokasikan di Dinas Kesehatan, Rp154 juta lebih di Diskoprindag serta Rp653 juta lebih untuk kegiatan di Dinas Perkebunan dan Peternakan,” tegas Daman.

Bacaan Lainnya



Untuk Dinas Kesehatan, kata Daman, diperuntukan untuk program standarisasi pelayanan kesehatan melalui kegiatan pelayanan ambulance hebat berupa pengadaan kendaran roda empat sebanyak lima unit, GPS Gosmart GT06N lima unit, komputer All in One serta handphone. Kemudian di Diskoprindag untuk program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM)  berupa kegiatan pembinaan dan pengembangan industri tembakau dan masyarakat di sekitar industri rokok.

Sedangkan untuk Dinas Perkebunan dan Peternakan akan digunakan untuk program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan melalui kegiatan pengembangan tembakau pada kelompok tani.

 “Dana bagi hasil cukai hasil tembakau merupakan bagian dari transfer ke daerah yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan provinsi penghasil tembakau. Untuk Provinsi Lampung, salah satunya Kabupaten Lambar yang akan menerima DBH CHT tersebut,” pungkas dia. (lusi/mlo)



Pos terkait