Tahun Ini, Lombokseminung Terbanyak Penerima Anggaran

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kecamatan Lumbokseminung Kabupaten Lambar berada diurutan pertama terbanyak penerima anggaran kegiatan fisik tahun 2020. Kemudian diurutan kedua Kecamatan Balikbukit  dan Kecamatan Batuketulis berada diurutan ketiga.

“Banyaknya anggaran yang dialokasikan ke Kecamatan Lumbokseminung itu dikarenakan selain masih ada empat pekon yang menyandang status pekon tertinggal,  juga akan ada kegiatan peningkatan struktur jalan Lumbok-Sukabanjar dan peningkatan kapasitas struktur jalan Sukabanjar-Ujung Rembun sekitar Rp18 miliar,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Jumat (14/2).

Bacaan Lainnya



Menurut Okmal, peningkatan kapasitas struktur jalan Lumbok-Sukabanjar dan jalan Sukabanjar-Ujung Rembun  tersebut perlu dilakukan mengingat selain kondisi jalannya belum layak juga untuk mendukung pariwisata dan komoditas pertanian dan perikanan. “Dengan adanya pembangunan jalan tersebut diharapkan trasnportasi masyarakat akan lancar,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, tahun ini Kecamatan Lumbokseminung akan menerima kucuran dana sebesar Rp27,659 miliar lebih, antara lain selain untuk peningkatan ruas jalan Lumbok-Sukabanjar dan jalan Sukabanjar-Ujung Rembun sebesar Rp18 miliar lebih, juga akan ada peningkatan jalan Lumbok-Heniarong, pembangunan talud pengaman Danau Ranau tepatnya di Pekon Tawan Sukamulya, peningkatan jalan lingkungan Pekon Lumbok Timur, pembangunan Broncaptering Pekon Lumbok Timur.

Kemudian akan ada pembangunan IPAL skala permukiman kominasi MCK dengan jumlah layanan minimal 50 KK di Pekon Tawan Suka Mulya, pembangunan tangki septic skala komunal (5-10 KK) di Pekon Tawan Sukamulya, bantuan buku perpustakaan Pekon Lumbok Induk, serta  Set persalinan Puskesmas Lumbok.

Di bidang Pendidikan, lanjut Okmal, antara lain pengaaan meubelir SDN 1 Sukabanjar, pembangunan taman, lapangan upacara serta fasilitas parkir SMPN 1 Lumbok, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SDN Heni Arong, rehabilitasi ruang kelas dan perabotnya SDN 1 SB II Ujung Rembun, rehabilitasi ruang perpustakaan beserta perabotnya SDN 1 Lumbok, rehabilitasi jamban siswa/guru beserta sinitasinya SDN 1 Tawan Sukamulya, serta pengadaan peralatan PJOK SDN 1 Tawan Sukamulya, dan pengadaan peralatan seni budaya SDN 1 Sukabanjar.

Ia mengungkapkan, di Kecamatan Lumbokseminung juga dibidang perikanan akan ada penyediaan sarana dan prasana keramba jaring apung (KJA) berupa benih ikan nila dan hapa ikan, bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan pancing serta Cool Box penampung ikan dan tambang plastik.  “Anggaran sebesar Rp27,659  miliar lebih itu bersumber dari APBD dan dana alokasi khusus (DAK). Itu hanya untuk kegiatan fisik, jadi belum ditambah dengan anggaran kegiatan non fisik,” tegas dia. (lus/mlo)



Pos terkait