Tahun Ini,  Produktivitas Kopi Robusta Lambar Ditarget  1,15 Ton/Ha

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar  tahun ini menargetkan produktivitas kopi robusta sebesar 1,15 ton/hektar.

“Tahun ini untuk produktivitas kopi robusta kita targetkan 1,15 ton/Ha atau meningkat 2,6 persen dari target tahun lalu yang hanya 1,12 ton/Ha,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Rabu (13/1).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, pada tahun lalu target produktivitas kopi sebesar 1,12 ton/Ha namun telah terealisasi sebesar 1,2 ton/Ha.

“Hasil taksasi akhir bahwa untuk produktivitas kopi robusta di Kabupaten Lambar tahun 2020 mengalami peningkatan 0,08 ton/Ha atau setara 80 Kilogram/Ha dari tahun sebelumnya,” ucapnya

Menurut dia,  untuk menjaga stabilitas produksi kopi yang diupayakan dengan mendorong peningkatan pemeliharaan tanaman dengan baik terutama pemangkasan, pemupukan,  dan penyiangan gulma.

“Selain itu, kita akan terus melakukan pembinaan penyambungan tanaman dengan tanaman kopi yang produktif serta pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT),” kata dia.

Termasuk adanya kelas budidaya kopi yang baik di sekolah kopi tahun ini sebanyak 5 kelas masing masing 10 peserta. 

“Diawali dengan pengiriman calon tutor tiga orang yang akan mengikuti pelatihan. Rencana kalau tidak PUSLITKOKA Jember atau BALITRI, karena kita berharap bulan Maret sudah dilaksanakan,” kata dia seraya menambahkan, pihaknya optimis target produktivitas kopi tahun ini di Kabupaten Lambar akan tercapai seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. (lus/mlo)


Pos terkait