Tahun Ini, Puluhan Jaringan Irigasi Akan Ditangani

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung swasembada pangan serta meningkatkan produksi beras. Pemkab Lambar tahun ini akan melakukan rehabilitasi  dan pembangunan puluhan jaringan irigasi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Beguai Jejama Sai Betik tersebut.

“Penanganan yang akan dilakukan pemkab tersebut, seperti rehabilitasi, peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, Senin (17/2).

Bacaan Lainnya


Dipaparkannya, puluhan jaringan irigasi yang akan dilakukan penanganan tersebut, seperti di Kecamatan Sukau akan ada kegiatan rehabilitasi jaringan D.I Way Palakia, rehabilitasi jaringan D.I Way Litak, serta peningkatan jaringan irigasi Sepalau Pekon Buanyerupa, lalu Kecamatan Bandarnegeri Suoh untuk pembangunan irigasi D.I Way Samang Tanjungsari, rehabilitasi jaringan D.I Way Srimulyo, rehabilitasi jaringan D.I Way Kerung II, rehabilitasi jaringan D.I Way Maja I, dan rehabilitasi D.I Way Haru Sekunyir.

Kemudian, peningkatan jaringan irigasi Way Tutung Kecamatan Batubrak, peningkatan jaringan irigasi D.I Way Seburas I  Kecamatan Belalau, peningkatan jaringan irigasi Tungkus Pekon Pahayujaya dan  rehabilitasi jaringan D.I Way Giham Kecamatan Pagardewa, rehabilitasi jaringan D.I Way Campang Limau Kecamatan Waytenong.

Lalu, pembangunan irigasi Waras Jaya Pekon Cipta Waras Kecamatan Gedungsurian, rehabilitasi jaringan D.I Way Muara Jaya I,II,  serta rehabilitasi jaringan D.I Way Sawah Lega Kecamatan Kebuntebu. “Kalau di Kecamatan Suoh akan ada kegiatan rehabilitasi jaringan D.I Way Semangka Hantatai dan pembangunan irigasi tanah dangla di Pekon Tuguratu,” ucapnya.

Masih kata Okmal, kegiatan pembangunan, peningkatan serta rehabilitasi jaringan irigasi tersebut tersebar di sembilan kecamatan dan dananya bersumber dari alokasi dana khusus (DAK) bidang pertanian.

“Dengan adanya kegiatan rehabilitasi, peningkatan serta pembangunan jaringan irigasi tersebut diharapkan produksi beras di Kabupaten Lambar lebih meningkat,” tutup Okmal. (lus/mlo)



Pos terkait