Tahun Ini, Tahapan Pilratin di Lambar Dimulai

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lambar Ronggur L Tobing, S.I.P, M.Si.

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lambar akan menggelar pemilihan peratin (Pilratin) secara serentak gelombang I pada 2022 mendatang. 

“Pilratin serentak gelombang 1 sebanyak 60 pekon akan dilaksanakan pada tahun 2022. Sementara untuk tahapan Pilratin akan kita mulai pada September tahun ini berupa kegiatan pelatihan kepada panitia Pilratin, mata pilih, penjaringan dan lainnya,” ungkap Kepala DPMP Ronggur L. Tobing, S.I.P, M.Si.

Bacaan Lainnya

Ronggur memaparkan, sebanyak 60 peratin yang masa jabatannya akan habis tersebut, yaitu Kecamatan Balikbukit meliputi  Pekon Kubuperahu, Pekon Padangcahya, Pekon Sebarus, Pekon Way Empulau Ulu, Pekon Gunungsugih, Pekon Padangdalom dan Pekon Sedampah Indah. Lalu, Pekon Sindangpagar dan Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya.

Kemudian, peratin Pekon Kejadian, Pekon Sukarame dan Pekon Serungkuk Kecamatan Belalau, Kecamatan Waytenong meliputi Pekon Karangagung, Pekon Mutaralam, Pekon Padangtambak dan Pekon Tambakjaya, serta Pekon Waspada dan Pekon Tigajaya Kecamatan Sekincau.

Kecamatan Suoh terdiri dari Peratin Sukamarga, Sumberagung, Tuguratu, Bandingagung dan Roworejo. Kecamatan Batubrak meliputi Pekon Kegeringan, Gungsugih, Pekon Balak, Sukabumi, Sukaraja, Kerang dan Tebaliok. 

Lalu  Kecamatan Sukau yang masa jabatan peratinnya akan habis yaitu Pekon Tanjungraya, Tapaksiring dan Jagaraga. Serta Kecamatan Gedungsurian meliputi Puramekar, Ciptawaras dan Mekarjaya. Kecamatan Kebuntebu meliputi Pekon Purajaya, Purawiwitan, Tribudi Syukur, Muarajaya I dan Muarajaya II, Kecamatan Airhitam terdiri dari Pekon Semarangjaya, Sumberalam dan Sri Menanti. 

Masih kata dia, untuk Kecamatan Pagardewa yaitu Pekon Pahayujaya, Sidodadi dan Sukajaya. Kecamatan Batuketulis yaitu Pekon Argomulyo, Batukebayan, Campang Tiga dan Luas. Lalu Kecamatan Lumbokseminung peratin Pekon Heniarong, Sukabanjar dan Lomboktimur sedangkan Kecamatan Bandarnegeri Suoh  yaitu peratin Pekon Suoh, Ringinjaya, Bumi Hantatai, Gunungratu, Tri Mekarjaya dan Pekon Bandaragung. 

“Sebanyak 60 peratin yang masa jabatannya akan habis tersebut merupakan hasil pemilihan peratin serentak yang diselenggarakan Pemkab Lambar pada tahun 2016 lalu,” ucapnya

Seraya menambahkan, tahapan Pilratin akan dimulai dengan pembentukan panitia Pilratin, kemudian pelatihan, pembukaan bakal calon (Balon) hingga pelaksanaan Pilratin. 

“Jadi kemungkinan untuk pelaksanaan Pilratin akan digelar Februari-Maret 2022,” tutup Ronggur. (lus/mlo)


Pos terkait