Tahun Ini, Target Akseptor KB di Lambar 18.225 Jiwa

  • Whatsapp
Kabid KB Heli Puspitawati

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menargetkan  jumlah akseptor KB tahun ini  sebanyak 18.225 orang.

“Target akseptor KB tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu, dan kita optimis target tersebut akan tercapai,” kata Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E., mendampingi Kepala DP2KBP3A Lambar M Henry Faisal, S.H, M.H, Selasa (30/3).

Bacaan Lainnya


Menurut dia, pihaknya optimis target akseptor KB sebanyak 18.225 orang itu akan terealisasi sebelum akhir tahun 2021. Hal itu mengingat tingginya masyarakat yang ingin ber-KB. 

“Kita optimis target tersebut akan tercapai, mengingat masih ada waktu sekitar sembilan bulan lagi untuk merealisasikannya,” kata dia seraya menambahkan, target akseptor KB sebanyak 18.225 orang itu rinciannya IUD 249 orang, MOW  40 orang, MOP dua orang, kondom sebanyak 1.305 orang, implant 601 orang, suntik 9.253 orang dan pil 6.775 orang. 

Lanjut dia, adapun  program yang dilaksanakan oleh pihaknya untuk tercapainya target yang ditetapkan, antara lain melaksanakan sosialisasi tentang pelayanan KB gratis bekerjasama dengan PLKB se-Kabupaten Lambar, selain itu pihaknya juga melaksanakan pelayanan keliling di tingkat kecamatan, serta mencari akseptor yang melibatkan kader PPKBD yang ada di tingkat pekon.

Selanjutnya mengoptimalkan fungsi dari Balai Penyuluh KB di tingkat kecamatan,  pembantu penyuluh KB dan sub pembantu penyuluh KB dan terus bekerjasama dengan Puskesmas maupun Pustu-Pustu di tingkat pekon.

”Kami juga akan bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk bisa bersama-sama memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat, misalnya kalau acara-acara atau kegiatan yang memungkinkan petugas kami bisa turut memberikan pelayanan berupa KB gratis,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait