Tahun Ini, Target Produksi Kopi 59.360 Ton

  • Whatsapp
Kabid Perkebunan Kabupaten Lambar, Sumarlin, S.P

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini menargetkan produksi kopi robusta 59.360 ton.

“Jika melihat buah tanaman kopi saat ini dan tidak ada perubahan cuaca maka kita optimis target produksi kopi tahun ini akan terealisasi bahkan over target. Dimana tahun ini target produksi kopi robusta di Kabupaten Lambar 59.360 ton,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, Senin (18/5).

Bacaan Lainnya



Dengan kondisi saat ini, kata Sumarlin, sejumlah upaya untuk mencapai produksi kopi tersebut antara lain, yaitu memotivasi petani untuk lebih baik lagi melakukan pemangkasan, penyambungan serta pemeliharaan tanaman kopi termasuk pemumpukan.

“Selain itu, kita juga memberikan bimbingan kepada petani terkait pencegahan hama dan penyakit, walaupun saat ini tidak boleh berkumpul kumpul tapi melalui media handpone komunikasi dengan petani masih tetap lancar,” kata dia.

Pihaknya optimis target produksi kopi tahun ini akan terealisasi bahkan over target. Itu karena buah tanaman kopi seperti di Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Waytenong, Kecamatan Belalau dan Kecamatan Batubrak cukup bagus bahkan buahnya lebat dibanding tahun sebelumnya.

“Kita sudah lihat di lapangan dan laporan dari sejumlah petani bahwa tanaman kopi mereka buahnya lebat, dan semoga saja cuaca juga mendukung sehingga ketika penen maka kopi dijemur bisa cepat kering,” ungkap dia. (lusi/mlo)



Pos terkait