Tahun Ini, Target Program AUTP di Lambar 1.000 Ha

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Ir. Rusdi

Medialampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lambar tahun ini menargetkan 1.000 hektar (Ha) lahan persawahan didaftarkan program asuransi usaha tani padi (AUTP).

“Target lahan yang didaftarkan program AUTP tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu 1.000 Ha,” ungkap Kepala DTPH Ir. Rusdi, Rabu (10/2).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, adapun upaya yang dilakukan untuk mencapai target program AUTP tersebut, yaitu pihaknya akan melaksanakan sosialisasi dan pembinaan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan kelompok tani (Poktan).

“Kita turun langsung kelapangan menemui gabungan kelompok tani dan kelompok tani untuk melakukan sosialisasi sekaligus pembinaan, dan itu sudah kita lakukan mulai Januari lalu,” kata dia.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya telah gencar melaksanakan sosialisasi program AUTP kepada Gapoktan dan Poktan untuk mengikuti program AUTP.

“Kita sudah mengimbau kepada kelompok tani dan Gapoktan untuk untuk mendaftar asuransi karena premi asuransi yang dibayar petani hanya sebesar Rp36 ribu/musim dengan ditambah subsidi pemerintah sebesar Rp144 ribu/musim tanam,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap setiap kelompok tani padi sawah yang sudah mendapat bantuan fasilitas dari pemerintah supaya ikut program AUTP, karena asuransi ini sangat membantu petani, jika halnya tanamannya diserang oleh hama penyakit dan terkena bencana alam dan serangan hama atau penyakit dengan tingkat kerusakan/kegagalan panen mencapai 75%.

“Kalau petani mengalami gagal panen akibat bencana alam dan serangan hama/penyakit, maka dana klaimnya mencapai Rp6 juta/Ha musim tanam,” ucap Rusdi. (lus/mlo)


Pos terkait