Tahun Ini, Tiga Pekon Jadi Sasaran Program Pamsimas

  • Whatsapp
Kabid Cipta Karya DPUPR Lambar Ahmad Ahnuh, S.T.

Medialampung.co.id – Tiga pekon di Kabupaten Lambar akan mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021.

“Untuk Program Pamsimas tahun ini bersumber dari anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) untuk Kabupaten Lambar tidak ada, sedangkan yang dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021 akan dialokasikan untuk tiga pekon yaitu  Pekon Sukamakmur Kecamatan Belalau, Pekon Mutaralam Kecamatan Waytenong  dan Pekon Srimenanti Kecamatan Waytenong,” ungkap kabid Cipta Karya Ahmad Ahnuh, S.T mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Ir. Sudarto, M.M.

Bacaan Lainnya


Menurut dia, untuk mendukung program Pamsimas tersebut, Pemkab Lambar akan mengalokasikan dana untuk Pekon Sukamakmur sebesar Rp210 juta, Pekon Mutaralam sebesar Rp195 juta sedangkan Pekon Sukananti akan menerima kucuran dana Rp195 juta.

“Pengerjaan program Pamsimas ini dilakukan secara swakelola yaitu dilaksanakan oleh Pokmas,” kata dia.

Lanjut dia, daerah yang menjadi sasaran program Pamsimas yaitu diutamakan untuk pekon tertinggal serta daerah yang ada kendala air bersih sehingga diharapkan dengan adanya pembangunan sarana air bersih maka masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Manfaat program ini untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” ucapnya.

Sekadar diketahui,  berdasarkan data dari tahun 2017-2020 terdapat 69 pekon di Kabupaten Lambar yang telah tersentuh program Pamsimas baik yang bersumber dari APBN maupun APBD Lambar.

Rinciannya pada tahun 2017, terdapat 15 pekon yang tersebar di lima kecamatan, Lalu tahun 2018  sebanyak 16 pekon di enam kecamatan, tahun 2019 terdapat 21 pekon yang berada di 10 kecamatan sedangkan tahun 2020 sebanyak 17 pekon. (lus/mlo)




Pos terkait