Tak Kunjung Diperbaiki, Beronjong Waykrui Semakin Parah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Masyarakat Pekon Gunungkemala Timur, Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan rekanan yang membangun beronjong di pekon setempat segera memperbaiki kerusakan beronjong yang amblas akibat luapan aliran Waykrui itu.

Pasalnya, ini kondisi bronjong yang amblas sejak satu bulan terakhir semakin parah, ditambah lagi aliran Waykrui kerap meluap saat hujan deras di wilayah setempat.

Bacaan Lainnya



Kholil, salah seorang warga setempat mengatakan, kondisi beronjong yang baru selesai dibangun akhir tahun 2019 lalu, kini sudah semakin parah, akibat diterjang aliran Waykrui yang cukup deras.

“Debit aliran Waykrui kerap meningkat, hal itu karena hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Waykrui ini, terlebih lagi pada Kamis (9/1) lalu, hujan deras cukup lama hingga membuat aliran Waykrui meningkat dan kembali merusak beronjong itu,” kata dia.

Dijelaskannya, kondisi beronjong yang mengalami kerusakan itu berdampak pada sejumlah rumah warga yang mulai terancam karena tidak ada lagi penahan daratan dari gerusan air.

“Sekarang ada dua rumah yang mulai terancam, bahkan ada bagian dapur rumah warga yang sudah tergerus, dan mengalami kerusakan, apalagi sata aliran Waykrui meningkat,” jelasnya.

Masyarakat berharap agar perbaikan bronjong itu bisa dilaksanakan secepat mungkin dan dengan maksimals, hal itu karena hujan deras kemungkinan besar masih akan terjadi dan aliran Waykrui akan kembali meluap.

“Saat hujan deras tentu aliran Waykrui akan meluap, kami tidak ingin rumah warga kembali mengalami kerusakan, karena beronjong yang tidak kunjung diperbaiki,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait