Tak Peduli Harga Anjlok, Pencuri Panen Singkong Warga 1/2 Ha

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Harga singkong yang anjlok tidak dipedulikan Triyono (42), warga Kampung Srikaton, Kecamatan Seputihsurabaya, Lampung Tengah. Dia tetap memanen singkong yang sudah berumur 11 bulan meski bukan dirinya yang menanam.

Ya, Triyono memanen singkong seluas 1/2 hektare di ladang Dusun III, Kampung Buminabung, Kecamatan Buminabung, Senin (7/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, singkong yang dipanen milik Mino Sanjaya (53), warga Dusun II, Kampung Buminabung Baru, Kecamatan Buminabung.

Bacaan Lainnya


Kapolsek Rumbia Iptu Eko Heri Susanto mewakili Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro menyatakan pihaknya menerima laporan dari korban yang tanaman singkongnya dicuri. “Korban melaporkan pencurian singkong di ladang dengan Nomor: LP/58-B/II/2021/ Polda Lpg/Res Lam-Teng/Sek.Rumbia. tanggal 24 Februari 2021,” katanya.

Kronologis kejadian, kata Eko, korban yang beberapa hari tidak ke ladang menyempatkan diri menengok tanaman singkongnya. “Korban sudah lama tak menengok tanaman singkongnya. Ketika dicek, tanaman singkongnya sudah ada yang memanen. Korban mencari informasi siapa yang telah memanen singkongnya. Ternyata diketahui siapa yang telah memanen singkong hingga melaporkan hal ini ke Polsek Rumbia,” ujarnya.

Berbekal laporan korban, kata Eko, dilakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti. “Setelah cukup bukti, tersangka Triyono dilakukan penangkapan. Tersangka ditangkap saat berada di Kampung Binakarya Sakti, Kecamatan Putrarumbia, 27 Februari 2021 sekira pukul 18.00 WIB. Kita amankan barang bukti satu unit mobil Mitsubishi tipe 114 warna kuning muda B 9406 ZR, lima batang singkong, dan dua golok yang digunakan saat memanen singkong,” ungkapnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata Eko, tersangka Triyono dijerat dengan Pasal 363 KUHP. “Tersangka terancam hukuman 7 tahun penjara,” tegasnya. (sya/mlo)




Pos terkait